Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Enea Bastianini, Rookie MotoGP 2021 Pengidola Casey Stoner

Kompas.com - 28/03/2021, 19:19 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Mochamad Sadheli

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang balap kejuaraan dunia MotoGP 2021 mendapat suntikan darah segar dalam diri pebalap Enea Bastianini.

Enea Bastianini menjadi pebalap debutan alias rookie pada musim balap MotoGP 2021 dengan bergabung dengan tim Esponsorama Racing.

Usai bergabung dengan tim Esponsorama Racing, Enea Bastianini dipastikan mengendarai motor Ducati Desmosedici GP19 pada gelaran MotoGP 2021. Dia naik ke kelas premier membawa status juara dunia Moto2 2020.

Musim balap kejuaran dunia MotoGP 2021 sendiri diwarnai kehadiran tiga pebalap debutan selain Enea Bastianini yakni Luca Marini (Esponsorama Racing), Jorge Martin (Pramac Racing), dan Lorenzo Savadori (Aprilia).

Baca juga: Daftar Starting Grid MotoGP Qatar, Bagnaia Dibayangi Rossi dkk

Enea Bastianini mengawali karier balapan profesionalnya di tataran kelas Moto3 pada 2014 lalu bersama tim Junior Team GO&FUN Moto3.

Pada musim debutnya di kelas tersebut, Enea Bastianini meraih tiga kali podium dan mengakhiri musim dengan raihan 127 poin di klasemen pebalap.

Karier balap Enea Bastianini di ajang Moto3 sendiri bergulir selama lima musim, dengan raihan terbaik menempati posisi kedua klasemen pebalap pada 2016 ketika membela tim Gresini Racing Moto3.

Lesatan karier di Moto2

Langkah promosi menuju kelas Moto2 diambil Enea Bastianini pada musim 2019 bersama Italtrans Racing Team.

Baca juga: Macam-macam Peran Striker dalam Sepak Bola

Musim perdananya di kelas Moto2 berakhir kurang memuaskan karena berakhir di peringkat ke-10 pada klasemen pebalap Moto2 2019 dengan hanya mendulang 97 poin dari 18 balapan.

Namun, peruntungan Bastianini seperti berubah drastis pada musim 2020 berkat kemenangan beruntung di GP Andalusia dan GP Ceko.

Selain itu, pebalap asal Italia tersebut mampu finis di posisi podium dalam lima balapan lainnya, termasuk menjuarai GP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Italia.

Torehan tersebut membuat Enea Bastianini sukses menjuarai kelas Moto2 pada ajang balap Moto2 2020 dengan total raihan 205 poin.

Bersamaan dengan kepastian meraih gelar juara pebalap di kelas Moto2, Bastianini juga menyebut statusnya sebagai pebalap tim Ensponsorama yang merupakan tim satelit Ducati.

Baca juga: Profil Jorge Martin, Debutan MotoGP 2021 yang Sempat Jadi Rebutan Banyak Tim

Mengidolakan Casey Stoner

Enea Bastianini mengaku mengidolai mantan pebalap MotoGP yang pernah menjadi juara dunia bersama Ducati, Casey Stoner.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com