Kompas.com - 28/03/2021, 14:40 WIB
Beberapa pengunjung bermain bulu tangkis di lapangan yang telah diperbaru, Monas, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020). kompas.com / Nabilla RamadhianBeberapa pengunjung bermain bulu tangkis di lapangan yang telah diperbaru, Monas, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020).

KOMPAS.com - Olahraga bulu tangkis membutuhkan lapangan permainan sebagai salah satu syarat terselenggaranya permainan maupun pertandingan resmi.

Keberadaan lapangan bulu tangkis di berbagai daerah di Indonesia memungkinkan masyarakat bermain bulu tangkis dalam berbagai kesempatan.

Popularitas bulu tangkis sebagai cabang olahraga di Indonesia juga terangkat berkat tersedianya fasilitas lapangan bulu tangkis baik di kawasan perkampungan hingga pusat kota.

Namun, berapa besar ukuran lapangan bulu tangkis seharusnya berdasarkan aturan resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan bagaimana denah lapangan bulu tangkis?

Berikut ini adalah penjeleasan mengenai ukuran serta ketentuan sebuah lapangan bulu tangkis beserta gambarnya.

Baca juga: Regulasi Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar BWF

Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang keseluruhan mencapai 13,40 meter, sementara lebar lapangan bulu tangkis secara umum mencapai 6,1 meter.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wilayah permainan kemudian dibagi dua untuk masing-masing pemain atau regu sepanjang 6,7 meter ditandai pemasangan net.

Tinggi tiang untuk pemasangan net sendiri menyentuh 1,55 meter dengan jarak antara garis atas net dengan permukaan tengah pada bagian tengah sebesar 1,52 meter.

Masing-masing wilayah permainan memiliki bidang servis, untuk para pemain melakukan pukulan awal (service) maupun menerimanya, yang ditandai dengan pemasangan garis.

Baca juga: Perbedaan Istilah Forehand dan Backhand dalam Bulu Tangkis

Garis depan area servis berjarak sekitar 1,98 meter dari bibir net, serta memiliki lebar masing-masing 2,59 meter untuk sisi kanan maupun kiri.

Halaman:


Sumber PB Djarum,BWF
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X