Kompas.com - Diperbarui 22/01/2022, 23:28 WIB

KOMPAS.com - Peralatan dan perlengkapan utama bulu tangkis terdiri dari lapangan, raket, shuttlecock (kok), dan net.

Ukuran lapangan bulu tangkis sudah diatur oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Sehingga, ukuran lapangan bulu tangkis di tiap negara adalah sama.

Ukuran dan Gambar Lapangan Bulu Tangkis

Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang keseluruhan mencapai 13,40 meter, sementara lebar lapangan bulu tangkis secara umum mencapai 6,1 meter.

Wilayah permainan kemudian dibagi dua untuk masing-masing pemain atau regu sepanjang 6,7 meter ditandai pemasangan net.

Baca juga: Regulasi Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar BWF

Tinggi tiang untuk pemasangan net sendiri menyentuh 1,55 meter dengan jarak antara garis atas net dengan permukaan tengah pada bagian tengah sebesar 1,52 meter.

Masing-masing wilayah permainan memiliki bidang servis, untuk para pemain melakukan pukulan awal (service) maupun menerimanya, yang ditandai dengan pemasangan garis.

Garis depan area servis berjarak sekitar 1,98 meter dari bibir net, serta memiliki lebar masing-masing 2,59 meter untuk sisi kanan maupun kiri.

Khusus untuk permainan nomor ganda terdapat garis servis pada bagian belakang dengan jarak 0,76 meter dari ujung lapangan.

Baca juga: Perbedaan Istilah Forehand dan Backhand dalam Bulu Tangkis

Wikimedia Commons Lapangan bulu tangkis

Sementara garis pada bagian samping untuk permainan nomor tunggal memiliki jarak 0,46 meter dari garis samping lapangan secara umum.

Ukuran dari tiap garis pada lapangan bulu tangkis sendiri tidak boleh. kurang maupun lebih dari 40 milimeter.

Baca juga: Wasit dalam Bulu Tangkis: Jumlah dan Tugasnya

Di luar ketentuan mengenai ukuran lapangan tersebut, seperti dilansir dari laman resmi BWF, terdapat tambahan berupa jarak minimal antar lapangan yakni 1,2 meter.

Selain itu juga terdapat keharusan jarak sekitar 2 meter antara garis belakang lapangan dengan dinding bagunan serta 1,5 meter jika dihitung dari garis tepi lapangan untuk lapangan permainan dalam ruangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PB Djarum,BWF
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.