Ranking UFC Setelah Khabib Pastikan Pensiun, Nama McGregor Muncul

Kompas.com - 27/03/2021, 07:30 WIB
Petarung kelas berat ringan UFC, Jon Jones, pada sesi timbang badan di UFC 247 yang berlangsung di Houston, Texas, pada 7 Februari 2020. AFP/RONALD MARTINEZPetarung kelas berat ringan UFC, Jon Jones, pada sesi timbang badan di UFC 247 yang berlangsung di Houston, Texas, pada 7 Februari 2020.

KOMPAS.com - Ranking UFC akhirnya bergeser ke era setelah Khabib Nurmagomedov resmi pensiun. Beberapa perubahan pun terjadi jelang pergelaran UFC 260, Minggu (28/3/2021) pagi WIB.

Nama Khabib Nurmagomedov akhirnya hilang dari daftar ranking UFC setelah petarung asal Rusia tersebut menekankan keinginannya untuk tetap pensiun kepada Presiden UFC Dana White.

Ini adalah akhir ketidakpastian divisi kelas ringan UFC sejak Khabib pertama menyampaikan bahwa ia akan pensiun setelah mengalahkan Justin Gaethje pada UFC 254, Oktober 2020.

Selama lima bulan setelahnya, Dana White enggan mencopot sabuk juara kelas ringan Khabib dengan harapan The Eagle masih akan kembali walau sang petarung tak pernah menunjukkan tanda-tanda bakal comeback.

Baca juga: Jadwal UFC 260, Rematch Laga Tersangar di Divisi Kelas Berat

Dana White baru yakin akan masa depan sosok dengan catatan 29-0 tersebut setelah berbicara langsung dengan Khabib dan para perwakilannya di Las Vegas pada 19 Maret.

"Khabib sudah pensiun dan tak ingin menahan divisi ini. Malam tadi adalah pertemuan terakhir kami dan ia pensiun," ujar White, dikutip dari MMA setelah pertemuan dengan Khabib tersebut.

Kini, Khabib secara resmi menanggalkan sabuk juaranya. Namanya pun hilang dari daftar ranking UFC, termasuk dari peringkat pound-for-pound (P4P) di mana ia sebelumnya berdiri di posisi puncak.

Jon Jones kembali naik ke puncak daftar P4P dengan semua petarung lain hingga peringkat ke-10 naik satu peringkat.

Nama Conor McGregor pun masuk kembali ke daftar tersebut di peringkat ke-15.

Gelar kelas ringan peninggalan Khabib akan diperebutkan oleh Michael Chandler dan Charles Oliveira saat keduanya bertemu pada 15 Mei.

Baca juga: Resmi Pensiun, Khabib Nurmagomedov Beri Pesan Menyentuh kepada UFC

Sementara itu, kemenangan Derek Brunson atas Kevin Holland membuatnya naik tiga peringkat ke posisi keempat di ranking kelas menengah.

Berikut adalah update ranking UFC per Sabtu (27/3/2021):

Ranking pound-for-pound:

  1. Jon Jones +1
  2. Kamaru Usman +1
  3. Stipe Miocic +1
  4. Alexander Volkanovski +1
  5. Israel Adesanya +1
  6. Dustin Poirier +1
  7. Jan Blachowicz +1
  8. Max Holloway +1
  9. Deiveson Figueiredo +1
  10. Justin Gaethje +1
  11. Robert Whittaker +2
  12. Petr Yan 
  13. Francis Ngannou +1
  14. Aljamain Sterling +1
  15. Conor McGregor *NR

Ranking kelas ringan UFC setelah Khabib dipastikan pensiun:

  1. Dustin Poirier
  2. Justin Gaethje
  3. Charles Oliveira
  4. Michael Chandler
  5. Tony Ferguson
  6. Conor McGregor
  7. Rafael Dos Anjos
  8. Dan Hooker
  9. Beneil Dariush
  10. Paul Felder
  11. Islam Makhachev
  12. Dego Ferreira
  13. Kevin Lee
  14. Al Iaquinta
  15. Gregor Gillespie



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X