Kompas.com - 26/03/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi senam KOMPAS.com/IKA FITRIANAIlustrasi senam

KOMPAS.com - Dalam gerak berirama atau senam irama terbentuk suatu koordinasi gerak antara gerakan anggota badan, seperti tangan, kaki, dan kepala.

Lebih tepatnya, gerakan yang mengutamakan keserasian gerak dan irama dalam melakukan senam.

Dikutip dari Dr. Olahraga Mengenalkan Teknik Senam Dasar (2012), senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dengan iringan musik maupun lagu-lagu atau bisa juga disebut dengan latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

Perbedaan dengan senam biasa, pada senam irama ditambahkan ritme (ketukan). Jadi, senam irama adalah salah satu jenis senam yang dilakukan dengan mengikuti irama musik atau nyanyian.

Ketukan atau hitungan dalam musik yang digunakan dalam melakukan senam irama bertujuan agar gerakan dapat dilakukan dengan kompak.

Baca juga: Rangkaian Gerak Sikap Lilin dalam Senam Lantai

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, hal yang diutamakan dalam senam ritmik adalah keserasian, keluwesan, dan penjiwaan terhadap irama dan gerakan yang dilakukan.

Dalam senam irama terdapat tiga gerakan kombinasi.

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ada tiga gerakan kombinasi langkah kaki dan ayunan lengan dalam gerak berirama.

Jelaskan jenis latihan kombinasi senam irama:

1. Kombinasi gerak melangkah dengan memutar kedua tangan

Ilustrasi gerak berirama gerakan kombinasi langkah kaki dan ayunan lengankemdikbud Ilustrasi gerak berirama gerakan kombinasi langkah kaki dan ayunan lengan

Halaman:


Sumber Skola
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X