Timnas Jerman Tegas Protes Qatar soal Pelanggaran HAM

Kompas.com - 26/03/2021, 10:41 WIB
Para pemain timnas Jerman merayakan kemenangan 3-0 atas Islandia di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Duisburg, Jerman, pada Jumat (26/3/2021) dini hari WIB. AFP/TOBIAS SCHWARZPara pemain timnas Jerman merayakan kemenangan 3-0 atas Islandia di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Duisburg, Jerman, pada Jumat (26/3/2021) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Timnas Jerman melakukan protes keras kepada Qatar terkait pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Protes tersebut dilakukan Jerman jelang pertandingan kontra Islandia pada laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Kedua tim yang tergabung dalam Grup J itu bertanding di Schauinsland-Reisen-Arena, Duisburg, Jerman.

Ketika sesi foto tim sebelum kick-off, timnas Jerman mengenakan jersey tandang berwarna hitam dengan satu huruf tertulis di seragam yang dikenakan 11 pemainnya.

Baca juga: Hasil Lengkap Kualifikasi Piala Dunia 2022, Jerman Digdaya, Zlatan Assist

Kata-kata yang berurutan itu pun menjadi suatu kalimat yaitu "Human Rights" atau Hak Asasi Manusia.

Sikap timnas Jerman tersebut diketahui adalah bentuk protes kepada Qatar, penyelenggara Piala Dunia 2022, yang mencederai Hak Asasi Manusia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut laporan The Guardian pada Februari lalu, sebanyak 6.500 lebih pekerja migran dari India, Pakistan, Nepal, Bangladesh, dan Sri Lanka telah meninggal di Qatar dalam 10 tahun terakhir selama persiapan Piala Dunia 2022.

Adapun laporan tersebut mengatakan ribuan pekerja migran tewas selama pembangunan stadion di Qatar.

Selain itu, Pemerintah Qatar dikabarkan mengontrak para pekerja migran dengan sederet perjanjian kerja yang memberatkan.

Antara lain, para pekerja migran tidak diperbolehkan mengganti perkerjaan selama terikat kontrak dan membatasi berapa kali mereka dapat berganti pekerjaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X