Kompas.com - 26/03/2021, 06:00 WIB
GM Susanto Megaranto memberikan analisis seputar duel WGM Irene Sukandar vs Dewa Kipas Dadang Subur yang disiarkan langsung akun YouTube Deddy Corbuzier pada Senin 22 Maret 2021. Tangkapan layar YouTube Deddy CorbuzierGM Susanto Megaranto memberikan analisis seputar duel WGM Irene Sukandar vs Dewa Kipas Dadang Subur yang disiarkan langsung akun YouTube Deddy Corbuzier pada Senin 22 Maret 2021.
|

KOMPAS.com - Laga catur antara WGM Irene Sukandar vs Dewa Kipas memecahkan rekor penonton. GM Susanto Megaranto lantas memberikan pandangannya soal fenomena itu.

Laga ekshibisi antara pecatur bertitel Woman Grandmaster (WGM) Irene Sukandar vs Dewa Kipas alias Dadang Subur pada Senin (22/3/2021) menyedot animo tinggi penonton.

Grandmaster (GM) Susanto Megaranto yang juga hadir dalam duel tersebut dalam kapasitas sebagai komentator, mencoba merespons fenomena membeludaknya penonton.

“Ya kemarin karena mungkin banyak netizen yang sama sekali awam tentang catur, banyak mendewakan Dewa Kipas, yang kita tentu tahu semua hasilnya bagaimana. Berangkat dari kejadian ini, mungkin kita mendoakan supaya catur lebih banyak dikenal masyarakat dan mereka mau belajar catur yang sebenarnya,” kata GM Susanto Megaranto kepada KOMPAS.com.

Laga WGM Irene Sukandar vs Dewa Kipas yang disiarkan langsung via kanal YouTube Deddy Corbuzier, dibanjiri penonton dan sempat mencapai titik tertinggi di angka 1,25 juta pemirsa!

Dalam sesi Instagram Live bareng WGM Irene Sukandar, pecatur bergelar International Master (IM) Levy Rozman, alias GothamChess, bahkan menyebut laga itu telah jauh melewati jumlah penonton partai Kejuaraan Dunia 2018.

Baca juga: GM Susanto Megaranto Bicara Anak Ajaib Indonesia Pelibas GothamChess

Levy Rozman menjelaskan bahwa hari pertama ajang World Chess Championship 2018 yang melibatkan duel Magnus Carlsen vs Fabiano Caruana hanya memanen 130 ribu pasang mata.

Angka itu padahal sudah memadukan beragam platform daring, termasuk Twitch dan YouTube.

Memakai parameter lain, jumlah penonton partai WGM Irene Sukandar vs Dewa Kipas yang berakhir dengan kedudukan 3-0, tetap terasa sensasional.

Berdasarkan Twitchmetrics, pemirsa terbanyak untuk konten penyiar catur di platform Twitch hanya menyentuh angka 139.185.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.