Kompas.com - 24/03/2021, 14:20 WIB
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti berpose di podium usai memenangi laga final ganda campuran All England melawan pebulu tangkis Thailand Dechapol Puavaranukroh dan Sapsiree Taerattanachai di Arena Birmingham, Inggris, Minggu (15/3/2020). Praveen/Melati berhasil menjadi juara All England setelah memenangi pertandingan dengan skor 21-15, 17-21, dan 21-8. ANTARA FOTO/ACTION IMAGES via REUTERS/ANDREW BOYERSPebulu tangkis ganda campuran Indonesia Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti berpose di podium usai memenangi laga final ganda campuran All England melawan pebulu tangkis Thailand Dechapol Puavaranukroh dan Sapsiree Taerattanachai di Arena Birmingham, Inggris, Minggu (15/3/2020). Praveen/Melati berhasil menjadi juara All England setelah memenangi pertandingan dengan skor 21-15, 17-21, dan 21-8.

KOMPAS.com - Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga populer di Indonesia juga dunia.

Mengutip KOMPAS.com Skola, kejuaraan bulu tangkis pertama digelar pada abad ke-19 di wilayah Pune, India. Kejuaraan ini diprakarsasi oleh para tentara Inggris.

Adapun, kejuaraan bulu tangkis resmi pertama digelar di Guildford, Inggris, pada 4 April 1899. Kejuaraan ini adalah cikal bakal turnamen bulu tangkis paling bergengsi, All England.

Hingga saat ini, Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF) memiliki rangkaian kejuaraan internasional mulai dari yang digelar setiap tahun, dua tahunan, hingga empat tahunan.

Melansir laman resmi BWF, ada tiga kategori kejuaraan bulu tangkis internasional berdasarkan grade-nya.

Daftar kejuaraan bulu tangkis internasional

Kejuaraan bulu tangkis internasional di bawah naungan BWF dikategorikan menjadi tiga grade yaitu Grade 1, Grade 2, dan Grade 3.

Baca juga: Sejarah Berdirinya BWF, Induk Olahraga Bulu Tangkis Dunia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Grade 1

Turnamen kategori Grade 1 meliputi tujuh macam kejuaraan internasional bulu tangkis utama ditambah satu ajang para-badminton.

1. Olimpiade

Dalam gelaran bulu tangkis pada Olimpiade, BWF bekerja sama dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Bulu tangkis atau badminton secara resmi dipertandingkan di Olimpiade musim panas pada Olimpiade Barcelona 1992.

Halaman:


Sumber BWF,Skola
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X