Kompas.com - 22/03/2021, 18:00 WIB
Para pemain Belanda merayakan gol yang dicetak Georginio Wijnaldum ke gawang Jerman dalam laga UEFA Nations League di Stadion Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Belanda pada 13 Oktober 2018. AFP/ JOHN THYSPara pemain Belanda merayakan gol yang dicetak Georginio Wijnaldum ke gawang Jerman dalam laga UEFA Nations League di Stadion Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Belanda pada 13 Oktober 2018.

KOMPAS.com - Pernah mendengar kata total football? Ya, istilah total football merupakan strategi sepak bola yang berkembang di Eropa pada era 70-an.

Total football adalah istilah yang sudah berkembang lama di Tanah Britania. Pola permainan yang terus menerus menyerang dengan mengandalkan kemampuan sayap baik dari sisi kiri maupun kanan.

Melihat tipikal permainan terus menerus menyerang tersebut, pola atau strategi dalam total football biasanya menggunakan skema 4-4-2, 4-3-3, hingga 4-5-1.

Ciri khas yang dimiliki total football adalah selalu menusuk lawan, dalam keadaan menyerang maupun diserang. Caranya? Setiap pemain adalah attacker dan sekaligus defender.

Baca juga: Pola Permainan 4-4-2 dalam Sepak Bola

Sejarah Total Football

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari situs Goal, pondasi awal filosofi sepak bola total football sudah ada sejak era 1920-an.

Kala itu, konsep total football pertama kali divisualisasikan oleh mantan manajer Ajax Amsterdam era 1920-an, Jack Reynolds. Tak heran jika total football dianggap berasal dari Belanda.

Lalu Rinus Michels merupakan sosok pelatih yang pertama kali mempopulerkan strategi total football.

Baca juga: Tendangan Bebas dalam Sepak Bola: Macam dan Tekniknya

Berkat strategi tersebut Michels sukses membawa Ajax Amsterdam menjadi juara Eropa atau Liga Champions pada musim 1970-1971.

Selain itu, selepas dari Ajax, Michels juga berhasil membawa Barcelona menjadi juara Liga Spanyol pada musim 1973-1974 dan Copa del Rey (1977-1978).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X