Sejarah Berdirinya PBVSI, Induk Olahraga Bola Voli di Indonesia

Kompas.com - 22/03/2021, 07:00 WIB
Pebola voli Indonesia Andriyanti melepas smash ke tim voli Korea pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018). Tim voli Korea Selatan menang dan melanjutkan ke semifinal. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebola voli Indonesia Andriyanti melepas smash ke tim voli Korea pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018). Tim voli Korea Selatan menang dan melanjutkan ke semifinal.

KOMPAS.com - Olahraga bola voli mulai dikenal di nusantara pada era 1920-an atas peran sejumlah guru asal Belanda yang mengajar di sekolah tingkat lanjutan.

Permainan bola voli kemudian meluas selepas era kemerdekaan Indonesia, terlebih dengan adanya peran anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) di masa itu.

Menurut buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) karya Winarno dan kawan-kawan, perkembangan bola voli dalam kesatuan TNI dipengaruhi pula oleh prajurit keturunan Belanda.

Hingga pada akhirnya, cabang ini ikut dipertandingkan dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) kedua pada 1951 di Jakarta.

Awal Berdirinya PBVSI

Cabang bola voli kembali menjadi salah satu olahraga yang dipertandingkan pada PON ketiga pada 1953 di Medan.

Setahun berselang, tepatnya pada 1954, wacana untuk membentuk federasi olahraga bola voli nasional mulai disuarakan dalam rapat Ikatan Perhimpunan Volleyball Surabaya (IPVOS).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wacana tersebut mendapat dukungan dari Perhimpunan Volleyball Indonesia Djakarta (PERVID) yang difasilitasi oleh Komite Olahraga Indonesia (KOI).

Baca juga: Jenis-jenis Umpan atau Passing dalam Bola Voli

Lalu, pada tanggal berapa induk organisasi bola voli indonesia didirikan? Jawabannya adalah pada tanggal 22 Januari 1955.

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI sebagai induk organisasi bola voli di Indonesia didirikan secara resmi pada 22 Januari 1955.

Ketua Umum PBVSI pertama dijabat oleh Wim J. Latumeten, yang juga mendapat mandat sebagai formatur kepengurusan pada awal terbentuknya organisasi tersebut.

Halaman:


Sumber PBVSI
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X