Siapakah Sultan Khan, Legenda Catur yang Disebut GothamChess?

Kompas.com - 21/03/2021, 15:40 WIB
Malik Mir Sultan Khan, pecatur legendaris asal Punjab, British India, yang mengejutkan dunia catur Eropa pada awal abad ke-20. THE WORLD TODAYMalik Mir Sultan Khan, pecatur legendaris asal Punjab, British India, yang mengejutkan dunia catur Eropa pada awal abad ke-20.

KOMPAS.com - Nama pecatur misterius Sultan Khan disebut pada acara podcast Deddy Corbuzier saat GothamChess alias Levy Rozman dan GM Irene Sukandar menjadi tamu. Berikut adalah profil pecatur asal India tersebut.

Levy Rozman menyebut nama Sultan Khan saat menjawab pertanyaan Deddy Corbuzier pada acara podcast di kanal YouTube Deddy Corbuzier yang tayang pada Kamis (18/3/2021) tersebut.

Deddy pada awalnya bertanya apakah mungkin ada seorang di luar sana yang tidak terdengar sama sekali lalu ternyata merupakan pecatur jagoan.

Pertanyaan ini dilayangkan dalam konteks apakah mungkin ada pecatur hebat yang bisa tiba-tiba muncul mengejutkan bak seorang superhero.

Hal ini tentu saja mengacu ke kemunculan Dewa_Kipas alias Dadang Subur yang menghebohkan media sosial dan dunia catur Indonesia dua pekan lalu.

"Jadi, maksud kamu tidak mungkin, 100 persen tidak mungkin ataukah ada satu orang yang tak pernah kita dengar yang ternyata jenius?" tutur Deddy.

"Apakah itu mungkin atau memang dia cuma penipu?"

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mungkin saja ada seseorang di luar sana ada seseorang yang hebat sekali dalam permainan catur dan kita tak pernah dengar soal mereka. Kalian mungkin perlu baca soal Sultan Khan, dia legenda dalam sejarah catur," balas Rozman lewat sambungan video langsung.

"Banyak orang hidup di bawah garis kemiskinan, merkea harus bekerja dan tak bisa bermain catur secara profesional."

Baca juga: Langkah Jitu Bidak Catur Dewa Kipas, Akurat tapi Lambat, Kenapa?

"Hal ini mungkin."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.