Kompas.com - 16/03/2021, 16:45 WIB
Usain Bolt (kiri) dan Justin Gatlin. APUsain Bolt (kiri) dan Justin Gatlin.

KOMPAS.com - Lari adalah salah satu cabang olahraga atletik tertua di dunia. Lari kerap disebut sebagai ibu dari olahraga karena hampir semua cabang olahraga terdapat unsur lari dalam gerakannya.

Adapun, lari termasuk salah satu cabang olahraga atletik yang dilombakan dalam Olimpiade Kuno di kota Olympia, Yunani, pada tahun 776 SM.

Selain lari, pada saat itu cabang olahraga lain yang dipertandingkan adalah pentathalon, pankration, gulat, tinju dan pacuan kuda.

Saat ini, lari menjadi cabang olahraga bergengsi di Olimpiade. Salah satu pelari hebat di dunia adalah Usain Bolt yang mengoleksi delapan medali emas Olimpiade.

Pelari asal Jamaika itu juga merupakan pemegang rekor lari 100 meter dengan catatan waktu 9,58 detik.

Baca juga: Sejarah Nama San Siro dan Giuseppe Meazza, Stadion Kandang AC Milan dan Inter Milan

Sejarah lari di Olimpiade modern

Ketika Komite Olimpiade Internasional (IOC) menggelar Olimpiade modern pertama pada 1896 di Yunani, ada sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu atletik, bersepeda, anggar, gimnastik, menembak, renang, tenis, angkat berat, dan gulat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun, lari yang masuk cabang olahraga atletik pada Olimpiade 1896 meliputi lari 100 meter, 400 meter, 800 meter, 1500 meter, 110 meter gawang, dan marathon.

Ketika pertama kali dilombakan pada Olimpiade modern, lari hanya diikuti oleh atlet pria.

Thomas Burke dari Amerika Serikat berhasil meraih medali emas pada nomor lari 100 meter dan 400 meter. Sementara itu, rekan senegara Burke yakni Thomas Curtis merebut medali emas nomor 110 meter lari gawang.

Di nomor 800 meter dan 1500 meter, medali emas diarih oleh Edwin Flack. Kemudian medali emas nomor marathon menjadi milik pelari Yunani, Spiridon Louis.

Baca juga: Sejarah Anthem Liga Champions, Lagu Megah Kompetisi Eropa yang Bikin Merinding

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.