Bedah Serangan "Sikut Kapak" Mark Abelardo di ONE: FISTS OF FURY II

Kompas.com - 11/03/2021, 21:55 WIB
Mark Tyson Fairtex Abelardo meraih kemenangan dalam duel seni bela diri campuran divisi bantamweight ONE: Fists Of Fury II setelah mengalahkan Emilio Urrutia di Singapore Indoor Stadium, Jumat (5/3/2021). ONE CHAMPIONSHIPMark Tyson Fairtex Abelardo meraih kemenangan dalam duel seni bela diri campuran divisi bantamweight ONE: Fists Of Fury II setelah mengalahkan Emilio Urrutia di Singapore Indoor Stadium, Jumat (5/3/2021).

KOMPAS.com - Partai Mark "Tyson" Fairtex Abelardo kontra Emilio "The Honey Badger" Urrutia pada ONE: FISTS OF FURY II menghadirkan manuver dashyat yang dijuluki Tomahawk Elbow alias Sikut Kapak pada ronde kedua laga kelas bantam tersebut.

Mark Abelardo menang secara knock out alias KO atas Emilio Urrutia pada duel yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Jumat (5/3/2021), tersebut.

Penyelesaian spektakuler Abelardo membuat banyak fans dan pengamat tercengang.

Bukan hanya pergerakannya yang ciamik tetapi juga karena serangan tersebut jarang terjadi dalam sebuah laga MMA profesional.

Serangan spektakuler Abelardo tersebut mendapat perhatian dari Rudy “The Golden Boy” Agustian, atlet ONE Championship divisi flyweight asal Indonesia.

Baca juga: Serangan Siku Kapak Mark Abelardo Runtuhkan Ketangguhan Emilio Urrutia

Menurutnya, serangan tersebut tak bisa dipisahkan dari asal-usul serangan dalam olahraga Muay Thai, disiplin bela diri yang juga digeluti oleh mantan petarung terbaik nasional pada 2013 tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setahu saya, nama lain dari Tomahawk Elbow itu thrust elbow yang artinya menusuk. Julukan serangan tersebut dalam bahasa Thailand disebut sok pung," ujar Rudy.

"Sebenarnya, serangan ini lumayan mirip dengan uppercut elbow atau yang dalam bahasa Thailand disebut sok ngat."

Menurut Rudy yang sempat berguru langsung ke negeri Gajah Putih untuk mendalami Muay Thai tersebut, pembeda dari kedua gerakan ini adalah set up-nya.

Eksekusi tepat serangan tersebut membutuhkan momentum dan gerakan yang tepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.