Bagus Kahfi dkk Berani Keluar dari Zona Nyaman, Gelandang Persija Ikut Senang

Kompas.com - 20/02/2021, 10:00 WIB
Bagus Kahfi resmi diperkenalkan sebagai pemain klub kasta tertinggi Belanda, FC Utrecht, Jumat (5/2/2021). Dok. FC UtrechtBagus Kahfi resmi diperkenalkan sebagai pemain klub kasta tertinggi Belanda, FC Utrecht, Jumat (5/2/2021).

KOMPAS.com - Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, ikut senang melihat banyaknya pemain muda Indonesia yang memilih berkarier di luar negeri.

Pada tahun ini, sejumlah pemain muda Tanah Air bergabung dengan klub luar negeri untuk melanjutkan karier mereka.

Bagus Kahfi terbang menuju Belanda untuk bergabung dengan FC Utrecht.

Sebelumnya, sudah ada dua pemuda Indonesia yang merumput di Benua Biru yaitu Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk, Polandia) dan Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica, Serbia).

Baca juga: 8 Pemain Muda Indonesia Paling Potensial Versi AFC, Termasuk Bagus Kahfi dan Elkan Baggott

Sementara itu, Asnawi Mangkualam meniti karier di Korea Selatan bersama Ansan Greeners FC.

Di Australia, Syahrian Abimanyu menjalani periode pinjaman bersama klub A-League, Newcastle Jets.

Selain mereka, juga masih ada pesepak bola muda yang bermain di luar negeri seperti Todd Rivaldo Ferre (Lampang FC, Thailand) dan Elkan Baggott (Ipswich Town, Inggris).

Keberanian para pemain muda Indonesia keluar dari zona nyaman untuk melanjutkan karier sepak bola di luar negeri pun membuat Marc Klok ikut merasa senang.

Baca juga: Resmi ke FC Utrecht, Bagus Kahfi Disambut Marc Klok dan Irfan Bachdim

Adapun, sebelum berkarier di Indonesia, Klok pernah bermain di beberapa negara Eropa seperti Bulgaria (Cherno More) dan Inggris (Oldham Athletic).

"Saya sangat senang, dan saya berharap ini akan berlanjut pada masa mendatang," kata Klok dalam wawancara dengan AFC.com, dikutip KOMPAS.com, Jumat (19/2/2021).

Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok.DOK. LIGA INDONESIA Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber AFC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X