Kompas.com - 18/02/2021, 17:26 WIB
Evan Dimas Darmono (kiri) dan Riko Simanjuntak (kanan) saat merayakan gol pada laga Persija Jakarta vs Borneo FC dalam lanjutan pekan pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu 1 Maret 2020. BOLASPORT.COM/ MUHAMMAD ALIF AZISEvan Dimas Darmono (kiri) dan Riko Simanjuntak (kanan) saat merayakan gol pada laga Persija Jakarta vs Borneo FC dalam lanjutan pekan pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu 1 Maret 2020.

KOMPAS.com - Kabar gembira untuk pencinta sepak bola Tanah Air. Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan kesempatan turnamen sepak bola Indonesia bergulir.

Adapun turnamen tersebut yakni Piala Menpora 2021 yang merupakan turnamen pramusim.

Kepastian soal bergulirnya turnamen pramusim tersebut tak lepas dari pernyataan dari Kapolri Listyo Sigit Prabowo pada konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/2/2021).

Pernyataan Kapolri tak lepas dari upaya Menpora Zainudin Amali, PSSI, dan PT LIB yang berulang kali meminta izin sekaligus menyambangi markas kepolisian secara langsung.

 Baca juga: Permintaan PSSI kepada Suporter Jelang Polri Izinkan Liga 1-2 Bergulir

"Seperti yang disampaikan oleh beliau (Menpora Zainudin Amali), sepak bola harus tetap berjalan. Namun, di sisi lain keselamatan rakyat harus menjadi faktor utama," terang Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

"Di dalam rapat, kita sepakat untuk kita berikan kesempatan, tentunya dengan catatan penegakan aturan protokol kesehatan, itu menjadi syarat utama."

Dalam pernyataannya, Kapolri Listyo Sigit Prabowo berulang kali menekankan adanya protokol kesehatan yang ketat dari penyelenggara turnamen.

Dia juga tak ingin adanya kerumunan baik di luar lapangan maupun dalam acara nonton bareng (nobar) bagi para pendukung maupun pencinta sepak bola Indonesia.

Baca juga: Sambut Liga 1 dan Liga 2 2021-2022, PSSI akan Gelar Turnamen Pramusim

Selebihnya, Piala Menpora 2021 menjadi "bahan uji coba" terkait penegakan protokol kesehatan menjelang kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

"Kita akan coba untuk memberikan izin terkait dengan penyelenggaraan. Mungkin ditahap awal bapak Menpora akan menyelenggarakan prakompetisi," jelas dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X