Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona Vs PSG Dipimpin Bjorn Kuipers, Lionel Messi dkk Dihantui Kenangan Buruk

Kompas.com - 15/02/2021, 12:20 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber UEFA,Sport

KOMPAS.com - Duel Barcelona vs Paris Saint-Germain (PSG) pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021 bakal dipimpin oleh wasit asal Belanda, Bjorn Kuipers.

Laga Barcelona vs PSG dijadwalkan bakal berlangsung di Stadion Camp Nou pada Selasa (16/2/2021) malam waktu setempat atau Rabu (17/2/2021) dini hari WIB.

UEFA telah merilis perangkat pertandingan yang akan bertugas pada laga tersebut.

Wasit yang mengantongi lisensi FIFA dan UEFA Elite, Bjorn Kuipers, akan memimpin pertandingan Barcelona vs PSG pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021.

Baca juga: 4 Alasan Barcelona Bisa Kalahkan PSG di Liga Champions

Kuipers bakal didampingi oleh dua asisten wasit yang juga berasal dari Belanda yaitu Sander van Roekel dan Erwin Zeinstra. Sementara itu, Serdar Gozubuyuk juga dari Belanda akan bertugas sebagai ofisial keempat.

Untuk wasit Video Assistant Referee (VAR) adalah Pol van Boekel didampingi asistennya, Dennis Higler.

Melansir Diario Sport, pertandingan kontra PSG tengah pekan ini akan menjadi laga ke-10 Barcelona di Liga Champions dengan Bjorn Kuipers sebagai wasit.

Pada sembilan laga sebelumnya yang dipimpin Kuipers, Barcelona memiliki rekor empat kali menang, empat imbang, dan sekali menelan kekalahan.

Meski punya catatan cukup baik ketika melakoni laga dengan Bjorn Kuipers bertugas sebagai pengadil, di lain sisi Lionel Messi dkk juga memiliki kenangan buruk.

Baca juga: 4 Alasan Barcelona Bisa Kalahkan PSG di Liga Champions

Kali terakhir Barcelona melakoni laga Liga Champions dengan Kuipers sebagai wasit adalah ketika menjamu Liverpool pada leg pertama semifinal edisi 2018-2019.

Ketika itu, Barcelona memang bisa mengalahkan Liverpool dengan skor 3-0 di Camp Nou. Namun, pada leg kedua di Anfield, Lionel Messi dkk takluk empat gol tanpa balas dan gagal ke final.

Mundur ke belakang, Bjorn Kuipers juga menjadi pengadil laga Barcelona vs Juventus pada leg kedua perempat final Liga Champions musim 2016-2017 yang berakhir dengan skor imbang 0-0.

Hasil tersebut membuat langkah Barcelona di Liga Champions terhenti karena pada leg pertama mereka kalah 0-3 dari Juventus.

Baca juga: Jadwal Liga Champions Pekan Ini, Barcelona Vs PSG

Selain sembilan pertandingan di Liga Champions tersebut, Bjorn Kuipers juga pernah memimpin satu laga Piala Super Eropa yang melibatkan Barcelona yaitu pada 2011 menghadapi FC Porto.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Louis II, Monako, tersebut, Barcelona berhasil mengalahkan Porto dengan skor 2-0.

Dua gol kemenangan Barcelona pada saat itu dicetak oleh Lionel Messi dan Cesc Fabregas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com