Eks Bek Timnas Jerman Akui Lebih Susah Lawan Messi ketimbang Ronaldo, Mengapa?

Kompas.com - 12/02/2021, 10:20 WIB
Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo menyapa penyerang Barcelona Lionel Messi (kanan) sebelum pertandingan Grup G Liga Champions antara Barcelona vs Juventus di Stadion Camp Nou di Barcelona pada 8 Desember 2020. AFP/JOSEP LAGOPenyerang Juventus Cristiano Ronaldo menyapa penyerang Barcelona Lionel Messi (kanan) sebelum pertandingan Grup G Liga Champions antara Barcelona vs Juventus di Stadion Camp Nou di Barcelona pada 8 Desember 2020.

KOMPAS.com - Mantan bek tim nasional Jerman, Arne Friedrich, berbicara soal kehebatan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Arne Friedrich yang gantung sepatu pada 2013 itu pernah menghadapi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di ajang internasional.

Perdebatan soal siapa yang paling hebat di antara Messi dan Ronaldo memang tidak akan pernah berakhir.

Meski demikian, Arne Friedrich memiliki penilaiannya sendiri. Ia menilai Messi lebih sulit dijaga daripada Ronaldo.

Baca juga: Guardiola soal Rekor Bayern Muenchen: Saya Akan Panggil Messi dkk, Ayo Tanding!

Menurut Friedrich, dengan kondisi fisiknya yang kecil, Messi memiliki gaya bermainnya sendiri untuk keluar dari penjagaan bek lawan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya pernah bermain melawan Messi dan Ronaldo," kata Arne Friedrich dilansir dari situs Goal.

"Jika saya harus memilih siapa yang lebih baik, itu adalah Messi. Dia memiliki pusat gravitasi yang berbeda."

"Ronaldo lebih sesuai dengan ukuran tubuh saya. Keduanya berada di level yang sama, tetapi Messi lebih sulit dihadapi karena dia memiliki gaya permainan yang berbeda," Arne Friedrich.

Melansir Transfermarkt, Arne Friedrich cuma satu kali menghadapi Lionel Messi, yakni saat Jerman dan Argentina bentrok di perempat final Piala Dunia 2010.

Dalam pertandingan yang digelar di Cape Town Stadium, 3 Juli 2010, Jerman menang telak 4-0.

Halaman:


Sumber GOAL
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X