Kompas.com - 10/02/2021, 23:26 WIB
Biaya Penundaan Olimpiade Tokyo bisa Capai Rp 39,48 Triliun
AFP PHOTO/PHILIP FONGBiaya Penundaan Olimpiade Tokyo bisa Capai Rp 39,48 Triliun

TOKYO, KOMPAS.com - Meski sudah menyampaikan permintaan maaf atas ucapannya, Toshiro Muto masih menuai protes.

Muto, Ketua Komite Organisasi Olimpiade dan Paralimpik Tokyo pada Rabu pekan lalu diketahui mengumbar amarah saat rapat virtual organisasi.

"Perempuan tampaknya banyak bicara di sini," kata gaek berusia 83 tahun itu.

Baca juga: Olimpiade Tokyo, Per Empat Hari Sekali, Atlet Jalani Tes Covid-19

Karuan saja, ribuan komentar mengharu-biru media sosial.

"Ucapan Muto tak pantas dan tidak pada tempatnya," kata komentar-komentar di berbagai media sosial.

Jepang melalui Perdana Menteri Yoshihide Suga tengah membangun kepercayaan diri agar pelaksanaan Olimpiade dan Paralimpik Tokyo bisa tetap berjalan di tengah masa pandemi yang urung surut ini.

Akio Toyoda, Presiden Toyota, menyatakan bahwa perusahaan yang dipimpinnya mengalami masa krisi.carscoops Akio Toyoda, Presiden Toyota, menyatakan bahwa perusahaan yang dipimpinnya mengalami masa krisi.

Rencananya, lembaga terkait yakni Olimpiade Tokyo, pada Jumat (12/2/2021) bakal melakukan rapat membahas langkah lanjut akibat lidah "tajam" Toshiro Muto.

"Intinya, kami tak ingin Olimpiade dan Paralimpik Tokyo menjadi perhelatan yang dibatalkan sejak Perang Dunia II," kata pernyataan lembaga itu.

Para sponsor, berkenaan dengan ucapan Muto itu mengaku kecewa.

Medali Olimpiade Tokyo 2020 resmi diperkenalkan kepada publik.DOK. Reuters Medali Olimpiade Tokyo 2020 resmi diperkenalkan kepada publik.

"Kami kecewa dengan komentar itu," kata Presiden Toyota Motor Akio Toyoda dalam pernyataannya.

Saat ini, para sponsor sudah menyetor dana hingga 278,9 juta dollar AS berkenaan dengan penundaan Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020.



Sumber Kyodonews
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X