Kompas.com - 10/02/2021, 16:59 WIB
Mantan petinju asal Amerika Serikat, Oscar de la Hoya. CHRISTIAN PETERSEN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFPMantan petinju asal Amerika Serikat, Oscar de la Hoya.

KOMPAS.com - Langkah Oscar De La Hoya untuk kembali ke ring tinju kembali terbuka setelah ia mendapatkan Federal ID, langkah pertama baginya untuk kembali memegang lisensi tinju.

Oscar De La Hoya mendapat Federal ID itu dari negara bagian California, yang lama menjadi tempat tinggal petarung berusia 49 tahun ini.

Federal ID tersebut bertahan hingga 2025 dan memberikannya banyak waktu untuk mendapatkan lisensi tinju dari komisi atletik negara bagian yang akan menjadi tuan rumah event comeback-nya.

Lisensi tinju ini baru akan diberikan setelah ia menjalani pemeriksaan medis menyeluruh mengingat usianya yang mendekati kepala lima.

"Rumornya benar bahwa saya akan memulai latihan dalam beberapa pekan ke depan," tutur De La Hoya kepada ESPN beberapa waktu lalu.

Baca juga: Satu Kebanggaan Oscar De La Hoya Usai Perpisahan dengan Canelo Alvarez

Sejauh ini belum ada keputusan konkret mengenai kapan, siapa, atau di mana De La Hoya akan melangkah kembali ke ring untuk kali pertamanya sejak Desember 2008.

Pertarungan terakhir dalam karier profesional De La Hoya tersebut adalah saat ia menderita kekalahan kontra Manny Pacquiao di MGM Grand Arena, Las Vegas.

De La Hoya merupakan salah satu petarung terbaik generasinya dalam karier yang membentang selama 16 tahun.

De La Hoya memenangi enam sabuk juara dunia dalam enam divisi berat berbeda. Namanya juga masih tercatat sebagai petinju tercepat yang berhasil menggapai empat gelar divisi berat.

Pemenang medali emas Olimpiade Barcelona 1992 ini akan mengikuti jejak Flloyd Mayweather Jr dan Mike Tyson untuk kembali ke ring.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X