Kompas.com - 06/02/2021, 04:00 WIB
Kiper Ajax Amsterdam, Andre Onana AFP/GLYN KIRKKiper Ajax Amsterdam, Andre Onana

KOMPAS.com - Kiper utama Ajax Amsterdam, Andre Onana, mendapat hukuman larangan bermain dari UEFA selama 12 bulan lamanya.

Hukuman tersebut tak lepas dari kejadian tak sengaja Andre Onana yang meminum obat doping.

Penjaga gawang yang juga adik dari mantan pemain Persikad Depok, Nnana Onana, dihukum UEFA usai mereka menemukan adanya kandungan zat terlarang Furosemide dalam urinnya, usai menjalani tes pada Oktober 2020.

Adapun hukuman 12 bulan dilarang bermain tersebut dihitung sejak 5 Februari 2021.

Dalam pernyataan resmi Ajax Amsterdam, klub menjelaskan kronologi Andre Onana tak sengaja meminum obat doping.

Baca juga: Sikap UEFA soal Dugaan Tindak Rasialisme yang Buat Demba Ba sampai Bentak Wasit

Bermula ketika sang kiper merasa tidak enak pada pagi hari tanggal 30 Oktober 2020.

"Dia ingin minum pil untuk meredakan ketidaknyamanannya. Namun, tanpa disadari, ia mengonsumsi Lasimac, obat yang telah diresepkan untuk istrinya," tulis pernyataan Ajax Amsterdam.

"Ketidaktahuan Onana mengakibatkan ia keliru meminum obat istrinya, yang pada akhirnya menyebabkan ada tindakan yang dilakukan oleh UEFA terhadap sang kiper," lanjut mereka.

Badan disiplin asosiasi sepak bola telah menyatakan bahwa Onana tidak berniat curang.

Baca juga: Italia Vs Spanyol pada Semifinal UEFA Nations League, Gli Azzurri Waspadai Ramos

"Akan tetapi, UEFA meyakini, berdasarkan peraturan antidoping yang berlaku, bahwa seorang atlet memiliki kewajiban setiap saat untuk memastikan bahwa tidak ada zat terlarang yang masuk ke dalam tubuh."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X