Punya Tekad Kuat, Asnawi Mangkualam Rela Potong Gaji demi Bermain di Korea Selatan

Kompas.com - 26/01/2021, 08:20 WIB
Pemain Timnas U-23 Indonesia Asnawi Mangkualam beraksi saat melawan pemain Timnas Myanmar dalam pertandingan Semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019). Timnas Indonesia menang 4-2 dari Myanmar. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPemain Timnas U-23 Indonesia Asnawi Mangkualam beraksi saat melawan pemain Timnas Myanmar dalam pertandingan Semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019). Timnas Indonesia menang 4-2 dari Myanmar.

KOMPAS.com - Petinggi klub Ansan Greeners FC, Joo Chan-yong, memuji tekad kuat yang dimiliki Asnawi Mangkualam. Menurut Joo, Asnawi bahkan rela menerima gaji lebih kecil di klub klub K-League 2 atau divisi dua Liga Korea Selatan tersebut.

Asnawi Mangkualam resmi bergabung dengan Ansan Greeners pekan lalu.

Bergabungnya bek kanan berusia 21 tahun itu ke Ansan Greeners disampaikan secara langsung oleh Joo Chan-yong.

"Kami telah resmi mengikat pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, dengan kontrak selama setahun pada 19 Januari," kata Joo dilansir KOMPAS.com dari KBS Sport, Jumat (22/1/2021).

"Selain itu terdapat klausul perpanjangan kontrak selama setahun berikutnya," imbuh Joo.

Baca juga: Klub Kasta Kedua Korea Selatan Resmi Rekrut Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam yang sebelumnya bermain untuk PSM Makassar bergabung dengan Ansan Greeners untuk melengkapi kuota pemain Asia Tenggara (ASEAN) di klub berjulukan Green Wolves tersebut.

Asnawi pun tercatat sebagai pemain Indonesia pertama yang memiliki kesempatan tampil di kompetisi sepak bola profesional Korea Selatan.

Menurut Joo Chan-yong, Asnawi Mangkualam merupakan sosok pemain muda yang memiliki keinginan kuat dan mimpi besar.

Joo mengatakan, gaji per tahun Asnawi berada di angka miliaran saat bermain di Indonesia. Namun, kata Joo, ia rela memangkas gajinya ketika memutuskan berkarier di Liga Korea Selatan.

Baca juga: Asnawi Disebut Coba Peruntungan Seperti Messi Vietnam di K-League

"Asnawi menerima gaji miliaran secara lokal, tetapi dia memotong gajinya ketika bergabung dengan tim K-League," tutur Joo Chan-yong dilansir Naver Sports, Selasa (26/1/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber KBS,Naver
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X