Asnawi Mangkualam "Dilarang" Kembali ke Indonesia

Kompas.com - 24/01/2021, 10:40 WIB
Pemain Timnas U-22 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) melakukan selebrasi bersama Osvaldo Haay seusai mencetak gol ke gawang Timnas Singapura dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019). Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 2-0. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANPemain Timnas U-22 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) melakukan selebrasi bersama Osvaldo Haay seusai mencetak gol ke gawang Timnas Singapura dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019). Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor 2-0.

KOMPAS.com - Satu per satu, pemain sepak bola asal Indonesia mencari nafkah dengan menerima pinangan klub luar negeri.

Paling anyar dan diam-diam nan mengejutkan, Asnawi Mangkualam mendapat tawaran dari klub liga 2 Korea Selatan, Ansan Greeners.

Ansan Greeners mendatangkan Asnawi dari PSM Makassar dengan kontrak satu musim dan opsi perpanjangan.

Kabar tersebut tentu membuat secercah harapan pemain Tanah Air bisa berkembang dan berkarier di luar negeri.

Baca juga: Gabriel Budi Angkat Bicara soal Berlabuhnya Asnawi ke Ansan Greeners

Apa lagi kondisi liga dalam negeri yang entah kemana kejelasannya.

Di sisi lain, publik juga mendukung penuh ketika ada pemain lokal yang bisa berkarier di luar negeri meski bermain untuk klub kasta kedua.

Sudah menjadi pernyataan umum bahwa kualitas sepak bola Indonesia masih berada di bawah level Thailand, Vietnam, Korea Selatan, atau Jepang.

Oleh sebab itu, mendapat kesempatan bermain di luar negeri harus dimanfaatkan dan jika bisa untuk jangka waktu yang lama.

Baca juga: Peran Penting Shin Tae-di Balik Hijrahnya Asnawi Mangkualam ke Korrsel

Dalam konteks Asnawi Mangkualam ini, sang pemain cocok untuk berkarier di luar negeri jika dilihat dari usia yang masih muda beserta bakat luar biasanya.

Pelatih Sabah FC, Kurniawan Dwi Yulianto, mempunyai banyak harapan ke pemain berusia 23 tahun tersebut.

Halaman:


Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X