Olimpiade Tokyo, Menanti Status Darurat Usai

Kompas.com - 17/01/2021, 21:28 WIB
Obor Olimpiade 2020 saat dipamerkan ke publik pada 1 Juni 2019 di Tokyo. AFP/BEHROUZ MEHRIObor Olimpiade 2020 saat dipamerkan ke publik pada 1 Juni 2019 di Tokyo.

TOKYO, KOMPAS.com - Semua pihak menanti status darurat usai berkaitan dengan pelaksanaan Olimpiade Tokyo pada 2021.

Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach mengatakan bahwa pandemi corona memang memunculkan ketidakpastian.

"Tapi, terlaksananya Olimpiade Tokyo adalah cahaya dari lorong kegelapan pandemi selama ini," ucapnya.

Informasi terkini dari pemerintah Jepang mengatakan ada dua hal yang tengah digarap serius jelang pembukaan Olimpiade dan Paralimpik Tokyo pada 2021.

Baca juga: Olimpiade Tokyo, 2 Hal Tengah Digarap Serius Jelang Pembukaan

"Kami tengah menggarap lokasi dan jadwal pertandingan," kata Ketua Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato, Minggu (17/1/2021).

Ia menambahkan, pemerintah juga menggarap protokol kesehatan ketat bagi para petugas yang kini tengah melaksanakan kewajibannya.

Olimpiade Tokyo berlangsung mulai 23 Juli 2021 hingga 8 Agustus 2021.

Semenntara, Paralimpik dimulai pada 24 Agustus 2021.

Biaya Penundaan Olimpiade Tokyo bisa Capai Rp 39,48 Triliun
AFP PHOTO/PHILIP FONG Biaya Penundaan Olimpiade Tokyo bisa Capai Rp 39,48 Triliun

"Kami tetap berkomitmen melaksanakan Olimpiade dan Paralimpik," kata Ketua Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato, Minggu (17/1/2021).

Sebelumnya, Menteri Reformasi Administratif dan Peraturan Taro Kono mengatakan apa pun bisa terjadi pada pesta akbar olahraga multicabang itu.

Saat ini, kota-kota besar di Jepang antara lain Tokyo dan Osaka berstatus darurat lantaran peningkatan terinfeksi corona.

Status itu akan berakhir pada Minggu (7/2/2021).



Sumber Kyodonews
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X