Piala Asia U19 Batal, Skuad Garuda Muda Diminta Tak Patah Semangat

Kompas.com - 17/01/2021, 06:15 WIB
Pemain timnas U19 Indonesia menjalani pemusatan latihan atau training center (TC) di Spanyol hingga 31 Januari 2021. DOK. PSSIPemain timnas U19 Indonesia menjalani pemusatan latihan atau training center (TC) di Spanyol hingga 31 Januari 2021.

KOMPAS.com - Timnas U19 Indonesia kembali harus menelan pil pahit setelah turnamen Piala Asia U19 tahun 2021 resmi dibatalkan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

AFC resmi membatalkan Piala Asia U19 setelah mengonfirmasi melalui surat yang dikirimkan kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI), Jumat (15/1/2021).

Adapun faktor yang membuat turnamen tersebut dibatalkan adalah wabah Covid-19 yang masih melanda seluruh dunia.

Piala Asia U19 kemudian akan berganti nama menjadi Piala Asia U20 dan akan dilangsungkan pada tahun 2023 dengan Uzbekistan yang tetap menjadi tuan rumah.

Baca juga: Breaking News - Piala AFC U16 dan U19 2021 Resmi Dibatalkan

Dengan dibatalkannya kompetisi, para pemain timnas U19 pun merasa kecewa.

Apalagi, skuad Garuda Muda telah melakukan serangkaian pemusatan latihan (TC) demi mentas di turnamen sepak bola antarnegara Asia itu.

Namun, para pemain diminta tak tak patah semangat karena perjalanan karier dari Bagas Kaffa dkk Indonesia masih panjang.

Terlebih, masih ada beberapa turnamen tingkat usia lainnya yang bisa diikuti pemain sebelum memasuki level timnas senior.

"Kami mencoba terus memberikan motivasi, karena karier mereka masih panjang," kata asisten pelatih timnas U19, Nova Arianto, seperti dikutip KOMPAS.com dari BolaSport.com, Sabtu (16/1/2021).

Baca juga: Gagal Rekrut Febri Hariyadi, Tim Malaysia Incar Pemain Timnas Indonesia Lainnya

"Banyak event yang akan hadir untuk mereka (pemain timnas U-19) selanjutnya."

"Mereka akan mengikuti sampai saatnya nanti sampai di level timnas senior," jelas pria 42 berusia tahun itu.

Sebelumnya, ajang Piala Dunia U20 2021 yang berlangsung di Indonesia juga telah diputuskan ditunda hingga 2023.

Adapun Indonesia masih akan bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023. (Abdul Rohman)



Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X