5 Kerajaan Olahraga Terbesar di Dunia, Pemilik Liverpool No 4

Kompas.com - 10/01/2021, 21:30 WIB
Pemilik Liverpool dan Boston Red Sox, John W Henry, berpose dengan trofi Liga Champions 2019 yang dimenangkan The Reds seusai mengalahkan Tottenham. TWITTER.com/John_W_HenryPemilik Liverpool dan Boston Red Sox, John W Henry, berpose dengan trofi Liga Champions 2019 yang dimenangkan The Reds seusai mengalahkan Tottenham.

KOMPAS.com - Forbes merilis daftar kerajaan olahraga dengan nilai terbesar di dunia untuk tahun 2021. Sepak bola hanyalah bagian dari portfolio-portfolio perusahaan raksasa tersebut.

Forbes menaksir ke-20 kerajaan olahraga paling berharga di dunia mempunyai nilai lebih dari 100 miliar dolar AS atau sekitar 1,427 triliun rupiah.

Mereka mengumpulkan daftar ini dengan menganalisis individu-individu atau perusahaan-perusahaan yang mempunyai kepemilikan di atas 2 miliar dolar AS di tim-tim sepak bola, NFL (American Football), MLB (bisbol), NBA (basket), dan NHL (hoki es).

Mereka memakai nilai perusahaan yang merefleksikan biaya untuk membeli suatu bisnis termasuk utang.

Hal ini berbeda dengan nilai net seorang individu keluaran Forbes yang tidak memperhitungkan utang.

Baca juga: 5 Fakta Lewis Hamilton Juara Dunia Formula 1 untuk Ketujuh Kali

Berada di puncak klasemen tersebut adalah Liberty Media dengan nilai mencapai 13 miliar dolar AS.

Liberty Media adalah perusahaan yang berdiri pada 1991 dan awalnya bergerak di industri media terutama bisnis televisi berbayar.

Perusahaan yang didirikan John C. Malone ini pertama terjun ke dunia olahraga pada Februari 2007 setelah melakukan pertukaran aset demi mendatangkan tim bisbol Atlanta Braves.

Formula 1 Bahrain 2020 akan berjalan tanpa penonton. (Photo by Andrej ISAKOVIC / AFP)ANDREJ ISAKOVIC Formula 1 Bahrain 2020 akan berjalan tanpa penonton. (Photo by Andrej ISAKOVIC / AFP)

Namun, manuver terbesar mereka ke dunia olahraga datang ketika membeli Formula One dari tangan Bernie Ecclestone senilai 4,4 miliar dolar AS pada akhir 2016.

Berada di belakang Liberty Media adalah Kroenke Sports & Entertainment (KSE) yang mengelola berbagai aset olahraga Stan Kroenke, salah satunya adalah klub Liga Inggris, Arsenal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X