Kompas.com - 05/01/2021, 21:29 WIB
Stadion Papua Bangkit, Papua. Biro Komunikasi Kementerian PUPRStadion Papua Bangkit, Papua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua mulai Sabtu (2/10/2021) akan ada banyak kesibukan berkenaan dengan persiapan atlet.

PON Papua yang sedianya berlangsung pada 2020 tertunda oleh pandemi Covid-19.

PON Papua akan berakhir pada Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Pulihkan Atlet Cedera, Ini Saran Fisioterapis Timnas U-19

"Berkenaan dengan persiapan atlet, akan banyak sekali kebutuhan pemeriksaan fisik atlet sebelum bertarung di event tersebut," kata pendiri KineticX Asep Aziz, Selasa (5/1/2021).

Fisioterapis timnas sepak bola U-19 Indonesia Asep Azis mengatakan di masa sekarang, cedera berolahraga juga merambah ke orang-orang yang menyukai gaya hidup berolahraga dalam keseharian mereka. 
Asep Azis Fisioterapi Fisioterapis timnas sepak bola U-19 Indonesia Asep Azis mengatakan di masa sekarang, cedera berolahraga juga merambah ke orang-orang yang menyukai gaya hidup berolahraga dalam keseharian mereka.

Asep Aziz yang kini menjadi fisioterapis tim nasional sepak bola U-19 Indonesia mengatakan pada PON Papua, KineticX akan bersinergi dengan Dinas Pemuda dan OLahraga, Komite Olahraga Nasional Indonesia, induk organisasi olahraga, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Kami mendukung pengembangan sport sicence di Indonesia," kata Asep.

Founder KineticX Asep Aziz mengatakan peluang bisnis sport science masih sangat terbuka lebar. 

Lagian, perlu waktu untuk meningkatkan awareness orang mengenai pentingnya melakukan body checkup secara rutin terutama jika kita memiliki riwayat cedera. 
KineticX Founder KineticX Asep Aziz mengatakan peluang bisnis sport science masih sangat terbuka lebar. Lagian, perlu waktu untuk meningkatkan awareness orang mengenai pentingnya melakukan body checkup secara rutin terutama jika kita memiliki riwayat cedera.

Sport science adalah prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dalam pembinaan prestasi olahraga.

Secara singkat, sport science memanfaatkan aplikasi teknologi digital untuk menyimpan data-data Human Measurement Technologies yang hasilnya digunakan untuk performance, analisis risiko cedera (injury risk analysis), serta rehabilitation.

Asep Aziz, kemudian, dalam perjalanan kariernya mendirikan KineticX Indonesia di Surabaya pada 2020.

Berbendera PT Teknologi Kinetik Indonesia, kata Asep Aziz, pihaknya menggandeng Vald Performance dari Australia.

Penggunaan sport science dalam olahraga, kata founder KineticX Asep Aziz adalah salah satu jawaban bagi para pelaku olahraga di Indonesia memahami dan mengenali kondisi tubuh mereka.KineticX Penggunaan sport science dalam olahraga, kata founder KineticX Asep Aziz adalah salah satu jawaban bagi para pelaku olahraga di Indonesia memahami dan mengenali kondisi tubuh mereka.

Vald Performance mengusung teknologi antara lain humantrack 3D movement analysis, Force Frame Strength Testing, Nordbord Hamstring Testing, dan Force Desk (dual force plate).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X