Kalahkan Nama-nama Legendaris, Buffon Jadi Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Kompas.com - 03/01/2021, 15:00 WIB
Penjaga gawang Juventus asal Italia Gianluigi Buffon merayakan akhir pertandingan sepak bola Serie A Italia Juventus vs Verona pada 21 September 2019 di stadion Juventus di Turin. (Foto oleh Isabella BONOTTO / AFP) AFP/ISABELLA BONOTTOPenjaga gawang Juventus asal Italia Gianluigi Buffon merayakan akhir pertandingan sepak bola Serie A Italia Juventus vs Verona pada 21 September 2019 di stadion Juventus di Turin. (Foto oleh Isabella BONOTTO / AFP)

KOMPAS.com - Penjaga gawang veteran Juventus, Gianluigi Buffon, dinobatkan sebagai kiper terbaik sepanjang masa. Buffon mengalahkan sejumlah nama legendaris termasuk Lev Yashin dan Iker Casillas.

La Gazzetta dello Sport meminta 18 kiper dari 18 negara berbeda, baik yang masih aktif maupun sudah gantung sepatu, untuk memilih satu nama yang dianggap terbaik di posisi mereka.

Dari 18 kiper tersebut beberapa di antaranya adalah Manuel Neuer (Jerman), Peter Schmeichel (Denmark), Michel Preud'homme (Belgia), Dino Zoff (Italia), Julio Cesar (Brasil), serta eks kiper eksentrik timnas Meksiko, Jorge Campos.

Sebanyak tujuh suara dari 18 panelis itu sepakat menyebut Gianluigi Buffon sebagai kiper terbaik di dunia sepanjang masa.

Baca juga: Buffon Dihantui Kenangan Buruk dan Penyesalan, Man United Penyebabnya

Neuer yang memenangi Piala Dunia 2014 bersama timnas Jerman dan Liga Champions 2020 dengan Bayern Muenchen menempatkan Buffon beserta Lev Yashin sebagai kiper terbaik sepanjang masa pilihannya.

"Gigi (Buffon) adalah pria besar yang hebat, dengan karakternya yang juga luar biasa," ucap Neuer.

"Bagi saya, dia selalu menjadi contoh, bukan hanya di atas lapangan. Seorang kiper dengan refleks fenomenal," imbuhnya.

Pujian juga datang dari dari Julio Cesar yang sering beradu teknik dengan Buffon saat kiper Brasil itu memperkuat Inter Milan.

"Saya menjadi kiper yang lebih baik karena Buffon. Saya berterima kasih kepadanya, khususnya sejak saya tiba di Italia," kata Cesar.

Baca juga: Jadi Korban Gol Messi dan Dapat 2 Botol Bir, Begini Respons Buffon

"Bagi saya, Gigi adalah contoh dan juga sosok yang memberikan motivasi seumur hidup. Saya tumbuh setiap hari dengan belajar darinya," tandasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X