Raih Juara Dunia Ke 7 Kali, Lewis Hamilton Diberikan Gelar Kesatria

Kompas.com - 31/12/2020, 09:37 WIB
Pebalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, usai berhasil menjuarai GP Tuscan, Minggu (13/9/2020) malam WIB. AFP/JENNIFER LORENZINIPebalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, usai berhasil menjuarai GP Tuscan, Minggu (13/9/2020) malam WIB.

KOMPAS.com - Nama Lewis Hamilton masuk dalam daftar Penghargaan Tahun Baru Ratu Inggris pada Kamis (31/12/2020). Lewis Hamilton akan mendapat gelar Kesatria dan berhak atas gelar "Sir" sebelum namanya. 

Tujuh kali juara dunia Formula 1 Lewis Hamilton akan menjadi pebalap F1 keempat yang mendapat gelar Kesatria setelah duo pebalap Inggris, Sir Striling Moss dan Sir Jackie Stewart, serta pebalap dari Australia Sir Jack Brabham.

Penganugerahan akan dilakukan oleh Ratu Elizabeth II langsung dengan menyentuhkan pedang pada individu yang menerima gelar.

Dengan gelar ini, nama pebalap tersebut akan secara resmi menjadi Sir Lewis Hamilton.

Gelar Kesatria sendiri diberikan kepada individu baik perempuan maupun laki-laki yang telah memperoleh pencapaian besar dan dalam skala panjang dalam bidang apa pun di tingkat nasional atau internasional.

Semua orang bisa dinominasikan untuk sebuah gelar Kesatria walau Pemerintah Inggris membantu ratu Inggris menentukan pilihan terbaik untuk menjadi Kesatria, tergantung dari level penghargaannya.

Baca juga: Yuki Tsunoda ke Alpha Tauri, Jepang Kembali Punya Pebalap di F1

Sebelum ini, sempat ada pertanyaan apakah Hamilton layak mendapat gelar Kesatria mengingat ia tinggal di Monaco dan tak membayar pajak ke Inggris.

Akan tetapi, Guardian mengutarakan bahwa Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengintervensi secara langsung agar Hamilton mendapat pengakuan atas pencapaian olahraganya.

Hamilton akan masuk daftar "diplomatik dan luar negeri" ketimbang daftar domestik agar tidak terjadi kontroversi perihal pembayaran pajaknya.

Gelar kehormatan tersebut akan diberikan kepada Hamilton setelah ia menjadi pebalap Formula 1 paling sukses sepanjang masa.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X