Fokus Bentuk Komposisi Tubuh, Perenang Siman Sudartawa Jaga Asupan Makan

Kompas.com - 30/12/2020, 19:18 WIB
Perenang I Gede Siman Sudartawa (kiri) bersama sang pelatih Albert Susanto. Dok. Kachimeshi-IndonesiaPerenang I Gede Siman Sudartawa (kiri) bersama sang pelatih Albert Susanto.
|

KOMPAS.com - Atlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, mulai fokus untuk memulihkan kondisi tubuh.

Selain pelatihan fisik dan teknik, Siman Sudartawa fokus untuk pembentukan komposisi bentuk tubuh yang ideal untuk mencapai target latihan yang diberikan oleh sang pelatih, Albert Sutanto.

Terkait pembentukan komposisi bentuk tubuh, menjaga asupan makanan pun menjadi perhatian Siman dan pelatih Albert Sutanto.

Soal asupan makanan, perenang kelahiran Bali, 8 September 1984 ini pernah mengibaratkan seperti mesin dan bahan bakar.

Baca juga: Kunci Sukses I Gede Siman Sudartawa Raih Emas SEA Games 2019

"Sebagai atlet, tubuh dapat diibaratkan seperti mesin. Mesin yang hebat akan mengeluarkan performa luar biasa jika diisi dengan bahan bakar pilihan," kata Siman dikutip dari Kachimeshi-Indonesia.com.

"Mulai awal Desember, suplai makanan bernutrisi kembali dilakukan sesuai dengan kebutuhan agar dapat mencapai hasil latihan yang maksimal," kata Siman dalam siaran pers yang diterima, Rabu (30/12/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Makanan yang dikirimkan kepada saya setiap harinya adalah hasil perhitungan ilmiah dari kebutuhan energi sehari-hari berdasarkan pola dan volume latihan setiap hari yang saya jalani, baik di kolam renang maupun latihan fisik di luar kolam," tuturnya.

Siman menuturkan, dengan disiplin menjaga asupan makanan, program yang dia canangkan bersama pelatih Albert Susanto pun menunjukkan progresnya.

"Sampai saat ini, program berjalan dengan lancar karena target berat badan yang ditetapkan oleh pelatih sudah dapat terkejar," katanya.

"Melalui penyajian makanan ini, saya merasa tubuh berada dalam kondisi prima karena rasa lelah setelah berlatih terasa lebih berkurang dibandingkan dengan saat sebelum penyediaan makanan dilakukan," ucap Siman.

Baca juga: Cara Perenang Siman Sudartawa Jaga Kondisi Saat Pandemi

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.