Jadi Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2021, Indonesia Langsung Lolos ke Babak Utama

Kompas.com - 19/12/2020, 12:30 WIB
Suasana laga timnas basket Indonesia vs Korea Selatan pada Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (20/2/2020). KOMPAS.com/ Farahdilla PuspaSuasana laga timnas basket Indonesia vs Korea Selatan pada Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

KOMPAS.com - FIBA Regional Office Asia secara resmi telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2021.

Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah babak utama FIBA Asia Cup 2021 diumumkan pada Jumat (18/12/2020).

Ini menjadi kesempatan kedua bagi Indonesia untuk menggelar FIBA Asia Cup.

Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada 1993, di mana saat itu China sukses meraih gelar juara seusai mengalahkan Korea Utara.

Ketua PP Perbasi Danny Kosasih berharap bahwa ajang FIBA Asia Cup 2021 bisa menjadi persiapan bagi Indonesia sebelum menggelar Piala Dunia Basket 2023.

Baca juga: Kualifikasi Piala FIBA Asia, Indonesia Tundukkan Thailand

"Kami sangat bangga menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup di Jakarta tahun depan. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk menampilkan potensi bola basket Indonesia," ucap Danny Kosasih dilansir dari laman resmi FIBA.

"Ini juga membantu kami untuk mempersiapkan diri menyambut Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023, baik sebagai penyelenggara maupun tim nasional," imbuhnya.

Diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023 bersama Jepang dan Filipina.

Berbeda dengan dua tuan rumah lainnya yang mendapatkan kualifikasi langsung, Indonesia harus berada di peringkat delapan teratas pada FIBA Asia Cup 2021 untuk mendapatkan tempat kualifikasi langsung di Piala Dunia Basket 2023.

Baca juga: Optimisme Timnas Basket Indonesia Hadapi Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

"Ini akan menjadi tahun-tahun yang menyenangkan bagi bola basket Indonesia," ujar Presiden FIBA Asia Sheikh Saud Ali Al Thani.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X