Kompas.com - 18/12/2020, 10:00 WIB
Game lokal, Lokalpala, akan dipertandingkan pada PON ke-20 di bulan Oktober 2021/ Dok. LokapalaGame lokal, Lokalpala, akan dipertandingkan pada PON ke-20 di bulan Oktober 2021/
|

KOMPAS.COM - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Norman Marcioano, menyatakan Lokapala sebagai game buatan Indonesia akan dipertandingan pada PON XX Papua 2021.

Hal tersebut disamoaikan Norman seusai berkunjung ke Anantarupa Studios sebagai pengembang game Lokapala pada Kamis (17/12/2020).

Lahirnya Lokapala seakan mematahkan asumsi bahwa developer Indonesia tidak mampu bersaing dengan negara-negara adidaya dalam game-game esports, seperti Cina dan Korea.

Baca juga: IESPA Dukung GOX.ID Majukan Dunia Esports di Indonesia

“Kedepannya, saya juga ingin KONI menjadi bagian penting dalam mempromosikan dan mendorong Lokapala sebagai game esports nasional,” tutur Norman. 

“Esports akan menjadi salah satu cabang eksebisi pada PON ke-20 di bulan Oktober 2021
mendatang, yang bertempat di Papua. KONI melalui PB Esports akan memberikan kesempatan
bagi Lokapala untuk dapat menjadi salah satu game yang dipertandingkan.” lanjut Nor,am/ 

Lokapala memiliki potensi menjadi game esports lokal untuk mengisi panggung esports nasional. 

Game esports ini satu-satunya yang mengangkat 8 nilai Keksatrian yang memperkenalkan kembali budaya dan sejarah yang telah terlupakan, sehingga dengan bermain Lokapala dapat berguna bagi pembentukan karakter anak bangsa.

 

Besarnya minat pemain lokal terhadap esports, perlu diimbangi dengan hadirnya game lokal di
ajang-ajang esports nasional.

Pertumbuhan esports dan industri game yang kian berkembang pesat, termasuk di Indonesia, membawa industri game menjadi industri konten digital nomor satu di dunia, walaupun di tengah pandemi COVID-19.

Sayangnya, semua ajang turnamen esports yang digelar di Indonesia menggunakan game impor sebagai konten utamanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X