Ini Ranking Pound-for-Pound Petarung MMA Indonesia

Kompas.com - 03/12/2020, 11:40 WIB
Petarung MMA asal Indonesia, Stefer The Lion Rahardian. ONE ChampionshipPetarung MMA asal Indonesia, Stefer The Lion Rahardian.

KOMPAS.com - Pertanyaan tentang siapa atlet MMA terbaik dari Indonesia kerap diutarakan seiring berkembangnya olahraga mixed martial arts (MMA) di Tanah Air dan juga dunia.

Dalam olahraga tarung seperti tinju dan MMA, pound-for-pound adalah istilah yang kerap digunakan untuk menentukan peringkat para petarung.

Peringkat tersebut dibuat tanpa mempertimbangkan divisi atau kelas mana mereka berlaga.

Sederhananya, seorang atlet heavyweight (kelas berat) tentu akan mempunyai keuntungan jika berhadapan satu lawan satu dengan atlet yang berlaga di divisi flyweight (kelas terbang).

Baca juga: ONE Championship Jalin Kerja Sama dengan OnePride MMA

Mempertimbangkan torehan rekor, raihan gelar, agresivitas dalam bertanding, level kompetisi, cara memenangi laga, serta nama-nama lawan yang telah dihadapi, kita dapat melihat siapa petarung MMA terbaik di Tanah Air.

Melalui kerjasama KOMPAS.com dengan ONE Championship, berikut adalah peringkat pound-for-pound atlet MMA asal Indonesia.

1. Stefer “The Lion” Rahardian

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by rahardian (@stefer_rahardian)

Atlet kelahiran Jakarta tersebut layak mendapat tempat tertinggi untuk saat ini mengingat torehan yang ia raih di pentas nasional maupun global.

Saat ini ia memegang rekor 10-4 yang ditandai oleh 9 kemenangan beruntun dalam awal kariernya – termasuk saat menghadapi berbagai atlet internasional di ONE Championship.

Selain itu, ia pun telah memenangi semua gelar MMA nasional yang ia ikuti. Pada 2015, ia menjuarai XCC dengan mengalahkan Suwardi, seorang veteran dalam dunia MMA tanah air, lewat kuncian rear-naked choke.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X