Jenazah Diego Maradona Akan Disemayamkan di Tempat Sama dengan Tujuh Mantan Presiden Argentina

Kompas.com - 26/11/2020, 12:46 WIB
Diego Maradona mencium replika Piala Dunia di balkon Casa Rosada, istana kepresidenan Argentina, setelah bertemu dengan Presiden Argentina, Alberto Fernandez, di Buenos Aires, pada 26 Desember 2019. AFP/RONALDO SCHEMIDTDiego Maradona mencium replika Piala Dunia di balkon Casa Rosada, istana kepresidenan Argentina, setelah bertemu dengan Presiden Argentina, Alberto Fernandez, di Buenos Aires, pada 26 Desember 2019.

KOMPAS.com - Jenazah Diego Armando Maradona akan disemayamkan di Casa Rosada, istana Kepresidenan Argentina, sesuai penawaran Presiden Alberto Fernandez kepada keluarga kapten pemenang Piala Dunia 1986 tersebut.

Maradona dan para pemain timnas Argentina secara terkenal pernah tampil di balkon Casa Rosada dengan trofi Piala Dunia di tangan setelah kemenangan tim Tango di Piala Dunia Meksiko tersebut.

Gestur ini merupakan penghormatan terbesar dari Pemerintah Argentina kepada Diego Maradona karena tujuh mantan presiden Argentina juga pernah disemayamkan di Casa Rosada sejak 1906.

Dari dunia olahraga, Juan Manuel Fangio, juara dunia lima kali Formula 1, juga pernah mendapatkan kehormatan sama pada 17 Juli 1995.

Baca juga: Laporan Awal Forensik Tentukan Penyebab Meninggalnya Diego Maradona

Fernandez sendiri merupakan fans Argentinos Junior, klub pertama Diego Maradona.

"Ketika pertama berpikir membuka rumah ini bagi Diego adalah karena dari balkon gedung ini, sang legenda mempersembahkan trofi Piala Dunia 1986 ke publik Argentina," tutur Fernandez, seperti dikutip M24Digital.

"Saya ingin semua warga Argentina untuk mengunjunginya terakhir kali di tempat sama."

"Sebelum ini, saya sempat berdiskusi untuk kemungkinan menetapkan lokasi persemayaman di lapangan Argentinos Juniors."

"Saya sempat berbicara dengan Claudia Villafane (mantan istri Maradona) dan ia mengatakan bahwa lebih baik acara diadakan di Casa Rosada."

Baca juga: Diego Maradona Meninggal, Hanya Satu Lampu Menyala di Markas Boca Juniors

Sang presiden juga mengutarakan bahwa kondisi pandemi membuat upacara persemayaman akan dilakukan di "area terbuka" di istana yang dibangun pada 1873 tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X