Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Cedera, Gareth Southgate Desak 5 Pergantian Pemain di Liga Inggris

Kompas.com - 17/11/2020, 11:40 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber Guardian

KOMPAS.com - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, mendesak otoritas Premier League untuk meninjau aturan soal pergantian pemain. Southgate ingin opsi lima pergantian kembali diterapkan.

Menurut Southgate, aturan tiga pergantian yang saat ini berlaku di Premier League atau kompetisi teratas Liga Inggris membuat para pemain rentan cedera. Sebab, mereka dihadapkan pada jadwal padat di tengah masa pandemi.

Sebagai contoh, dalam sepekan terakhir ada empat anggota timnas Inggris yang tumbang akibat cedera.

Ben Chilwell dan Jordan Henderson mengalami cedera ketika Inggris kalah dari Belgia pada matchday kelima UEFA Nations League, Senin (16/11/2020).

Sebelumnya, Joe Gomez dan Raheem Sterling juga lebih dulu menepi akibat dihantam cedera.

Baca juga: Cedera, Jordan Henderson Dicoret dari Timnas Inggris

Di level klub, Liverpool adalah salah satu yang paling menderita akibat badai cedera. Selain Joe Gomez dan Jordan Henderson, mereka juga kehilangan Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, dan terkini Andy Robertson.

Terkait jadwal padat yang membuat para pemain rentan cedera, Southgate satu suara dengan Juergen Klopp dan Pep Guardiola yang mempertanyakan alasan Premier League tidak menerapkan lima pergantian pemain.

Klopp dan Guardiola, serta beberapa manajer klub lain, ingin aturan pergantian pemain di Liga Inggris sejalan dengan kompetisi Eropa yang mengizinkan lima pergantian.

"Kami bisa melakukan lima pergantian pemain ketika melawan Belgia dan klub tidak memiliki opsi itu," ungkap Southgate dikutip dari The Guardian.

Baca juga: Terkait Cedera Joe Gomez, Southgate Ajak Bicara Juergen Klopp

"Ada beberapa pemain yang cedera saat melawan Belgia, tetapi apa yang harus kami lakukan? Apakah harus menunggu sampai kami mendapatkan cedera yang benar-benar buruk?" imbuh dia.

"Saya harus bersikap adil kepada manajer klub. Mereka adalah pemain utama, dan pelatih memiliki hak untuk memainkan mereka sesuai keinginan. Apa yang harus kami lakukan adalah mencoba mengurangi beban," ucap Southgate.

Selain mendesak Liga Inggris untuk menerapkan lima pergantian pemain, Southgate juga tidak senang dengan minimnya jeda musim dingin.

"Kami telah mengurangi latihan dengan tepat dan kami masih mendapati beberapa pemain mengalami cedera," tuturnya.

Baca juga: Badai di Anfield, Liverpool Sudah Kehilangan Belasan Pemain

"Jadi itulah kekhawatiran dalam jangka panjang karena mereka tanpa libur musim dingin, sesuatu yang seharusnya diberikan," pungkas Southgate.

Timnas Inggris akan melakoni pertandingan terakhirnya tahun ini dengan menghadapi Islandia pada matchday keenam UEFA Nations League, Rabu (18/11/2020) waktu setempat atau Kamis (19/11/2020) dini hari WIB.

Adapun Inggris yang menempati peringkat ketiga klasemen Grup 2 Liga A dengan nilai 7 sudah dipastikan gagal lolos ke semifinal UEFA Nations League 2020-2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com