Badai Cedera, Gareth Southgate Desak 5 Pergantian Pemain di Liga Inggris

Kompas.com - 17/11/2020, 11:40 WIB
Gareth Southgate memberi instruksi kepada Jadon Sancho pada pertandingan Inggris vs Rep. Ceko dalam babak kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, 22 Marer 2019. AFP/ADRIAN DENNISGareth Southgate memberi instruksi kepada Jadon Sancho pada pertandingan Inggris vs Rep. Ceko dalam babak kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, 22 Marer 2019.

KOMPAS.com - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, mendesak otoritas Premier League untuk meninjau aturan soal pergantian pemain. Southgate ingin opsi lima pergantian kembali diterapkan.

Menurut Southgate, aturan tiga pergantian yang saat ini berlaku di Premier League atau kompetisi teratas Liga Inggris membuat para pemain rentan cedera. Sebab, mereka dihadapkan pada jadwal padat di tengah masa pandemi.

Sebagai contoh, dalam sepekan terakhir ada empat anggota timnas Inggris yang tumbang akibat cedera.

Ben Chilwell dan Jordan Henderson mengalami cedera ketika Inggris kalah dari Belgia pada matchday kelima UEFA Nations League, Senin (16/11/2020).

Sebelumnya, Joe Gomez dan Raheem Sterling juga lebih dulu menepi akibat dihantam cedera.

Baca juga: Cedera, Jordan Henderson Dicoret dari Timnas Inggris

Di level klub, Liverpool adalah salah satu yang paling menderita akibat badai cedera. Selain Joe Gomez dan Jordan Henderson, mereka juga kehilangan Virgil van Dijk, Trent Alexander-Arnold, dan terkini Andy Robertson.

Terkait jadwal padat yang membuat para pemain rentan cedera, Southgate satu suara dengan Juergen Klopp dan Pep Guardiola yang mempertanyakan alasan Premier League tidak menerapkan lima pergantian pemain.

Klopp dan Guardiola, serta beberapa manajer klub lain, ingin aturan pergantian pemain di Liga Inggris sejalan dengan kompetisi Eropa yang mengizinkan lima pergantian.

"Kami bisa melakukan lima pergantian pemain ketika melawan Belgia dan klub tidak memiliki opsi itu," ungkap Southgate dikutip dari The Guardian.

Baca juga: Terkait Cedera Joe Gomez, Southgate Ajak Bicara Juergen Klopp

"Ada beberapa pemain yang cedera saat melawan Belgia, tetapi apa yang harus kami lakukan? Apakah harus menunggu sampai kami mendapatkan cedera yang benar-benar buruk?" imbuh dia.

Halaman:


Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X