Mengapa Elite Race Borobudur Marathon Boleh Dihelat di Tengah Pandemi?

Kompas.com - 14/11/2020, 17:50 WIB
Lokasi Start Elite Race Borobudur Marathon 2020 di Kompleks Candi Borobudur, Magelang. KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELILokasi Start Elite Race Borobudur Marathon 2020 di Kompleks Candi Borobudur, Magelang.

KOMPAS.com - Ajang lomba lari Elite Race Borobudur Marathon 2020 seakan menjadi salah satu kompetisi olahraga yang bikin cemburu.

Pasalnya, Elite Race Borobudur Marathon 2020 menjadi ajang olahraga ternama di Indonesia yang kali pertama diizinkan berlangsung di tengah pandemi.

Sementara itu, ajang olahraga lainnya seperti Shopee Liga 1 2020 hingga IBL (Indonesia Basket League) tak mendapat izin bergulir.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Kadisporapar) Jawa Tengah Sinung Nugroho Rachmadi membeberkan alasannya.

Sinung menjelaskan bahwa ada tiga hal yang dapat membuat sebuah ajang olahraga bisa terlaksana.

Baca juga: Borobudur Marathon 2020, Berharap Gunung Merapi Tidak Meletus

"Satu, dibatasi. Dua, mampu dikontrol, dan tiga, harus ketat ya," kata Sinung dalam konferensi pers menjelang Elite Race Borobudur Marathon, Sabtu (14/11/2020).

Tiga elemen yang dia utarakan tersebut sudah terlaksana dengan baik di pergelaran Elite Race Borobudur Marathon 2020 powered by Bank Jateng berkolaborasi dengan Harian Kompas.

1. Pembatasan

Soal pembatasan, Elite Race Borobudur Marathon hanya diikuti oleh 26 peserta atlet nasional.

Sementara tahun lalu, hampir 11.000 pelari berada di Candi Borobudur untuk mengikuti ajang tersebut.

Baca juga: Keketatan Borobudur Marathon 2020, Tak Ada Gelas Sekali Pakai

Perbedaan jumlah yang sangat signifikan tersebut tentu menjadi alasan pertama Elite Borobudur Marathon 2020 bisa berlangsung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X