Lewis Hamilton Bisa Juara Dunia Formula 1 di "Gelanggang Es-tanbul"

Kompas.com - 14/11/2020, 04:40 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, menjajal sirkuit Intercity Istanbul Park di Istanbul, Turki, pada 13 November 2020 jelang F1 GP Turki. AFP/TOLGA BOZOGLUPebalap Mercedes, Lewis Hamilton, menjajal sirkuit Intercity Istanbul Park di Istanbul, Turki, pada 13 November 2020 jelang F1 GP Turki.

KOMPAS.com - Sirkuit GP Turki disebut sebagai "gelanggang es" oleh pebalap Mercedes, Lewis Hamilton. Hal ini karena kurangnya grip di lintasan setelah aspal sirkuit dilapisi ulang.

GP Turki merupakan agenda tambahan di musim Kejuaraan Dunia Formula 1 yang diperpendek karena pandemi virus corona ini.

Ini merupakan kali pertama Istanbul menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1 sejak 2011.

Baca juga: Usai Antar Mercedes Juara Dunia, Lewis Hamilton Beri Sinyal Hengkang

Namun, situasi berubah menjadi horor bagi para pebalap dengan suhu udara yang turun drastis di Istanbul dan aspal baru di lintasan Sirkuit Istanbul Park.

Max Verstappen (Red Bull) mengatakan bahwa mengemudi di lintasan tersebut seperti "menyetir di es" sehingga menimbulkan julukan "Es-tanbul" di media.

Sementara, video lain menunjukkan mobil Ferrari Sebastian Vettel melaju dengan grip minimal.

Beberapa pebalap lain harus melihat catatan waktu terbaik mereka dihapus karena melewati batasan lintasan.

Lewis Hamilton pun tak terkecuali dari dampak lintasan tersebut.

Ia bahkan mengakhiri sesi FP1 di posisi ke-15 tercepat sebelum memperbaiki catatan tersebut menjadi peringkat keempat pada FP2.

"Jujur, hari ini seperti bencana," tutur Lewis Hamilton yang bisa mencatatkan gelar juara dunia ketujuhnya pada Ahad ini.

Baca juga: Klasemen F1 Usai GP Emilia Romagna - Hamilton di Puncak, Mercedes Juara Konstruktor

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X