Toni Kroos: Kami Hanyalah Boneka di Mata FIFA dan UEFA

Kompas.com - 11/11/2020, 21:47 WIB
Toni Kroos merayakan gol dari sepak pojok alias Gol Olimpik pada laga semifinal Piala Super Spanyol kontra Valencia di King Abdullah Sport City, Jeddah, Arab Saudi. AFP/GIUSEPPE CACACEToni Kroos merayakan gol dari sepak pojok alias Gol Olimpik pada laga semifinal Piala Super Spanyol kontra Valencia di King Abdullah Sport City, Jeddah, Arab Saudi.

KOMPAS.com - Gelandang Real Madrid, Toni Kroos, tak senang dengan banyaknya kompetisi yang harus dilalui pesepak bola profesional dewasa ini.

Toni Kroos menganggap para pemain hanyalah "boneka" bagi FIFA dan UEFA karena mereka tak pernah ditanya pendapatnya ketika para otoritas sepak bola hendak menciptakan kompetisi baru.

Mayoritas pemain kini menghadapi jadwal luar biasa padat di tengah pandemi virus corona.

Pemain tengah berusia 30 tahun tersebut dan rekan-rekannya di Real Madrid kini praktis bermain 3-4 hari sekali sejak awal September.

Para pemain Real Madrid hanya beristirahat satu bulan sejak akhir musim kompetisi lalu dengan kekalahan 1-2 dari Manchester City di Liga Champions (8/8/2020) dan dimulainya kampanye musim ini dengan laga tandang kontra Real Sociedad (21/9/2020).

Jadwal padat di Liga Spanyol dan Liga Champions masih ditambah oleh ronde laga-laga internasional yang meliputi persahabatan dan partai UEFA Nations League.

Baca juga: Rencana Bartomeu untuk Liga Super Eropa Ditebas oleh Presiden LaLiga

Kroos mengatakan keberadaan kompetisi ini hanyalah demi profit belaka.

"Jelas dengan kompetisi yang baru diciptakan ini, kami para pemain hanyalah boneka bagi FIFA dan UEFA," tuturnya seperti dikutip dari As.

"Kompetisi baru seperti Nations League atau ekspansi Piala Dunia Antarklub dibuat hanya untuk memaksimalkan profit dan mereka mendorong para pemain ke batas-batas fisik baru."

Toni Kroos juga tak sepakat dengan wacana penyelenggaraan Liga Super Eropa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X