Alfin Tuasalamony: dari Tulehu untuk Indonesia

Kompas.com - 26/10/2020, 16:20 WIB
Pemain Madura United, Alfin Tuasalamony sedang latihan bersama di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur. Dokumentasi Madura UnitedPemain Madura United, Alfin Tuasalamony sedang latihan bersama di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur.

KOMPAS.comAlfin Tuasalamony. Namanya sudah lama menghiasi persepakbolaan nasional. Sudah tujuh klub Indonesia yang ia perkuat.

Alfin memang mengawali karier profesionalnya bersama klub Belgia, CS Vise.

Namun, setelah itu, ia kembali ke Indonesia dengan memperkuat Persebaya Surabaya pada 2014.

Tidak sampai semusim bersama Persebaya, ia kemudian hijrah ke Persija Jakarta.
Prestasi terbaiknya kala membela Bhayangkara FC. Alfin ikut mengantarkan The Guardian menjadi juara Liga 1 2017. Kini, ia bertatus sebagai pemain Madura United.

Baca juga: Liga 1 2020 Belum Jelas, Ardi Idrus Iri dengan Negara Lain

Karier Alfin di dunia sepak bola saat ini tidak terlepas dari lingkungan masa kecilnya.

Alfin dilahirkan di sebuah kampung sepak bola, Tulehu, yang berada di Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, Maluku.

Tulehu hingga saat ini konsisten memproduksi pemain-pemain top Tanah Air. Mulai dari Imran Nahumarury, Hasyim Kipu, Ramdani Lestaluhu, hingga almarhum Alfin Farhan Lestaluhu (eks pemain timnas U16).

Alfin Tuasalamony mengungkapkan bahwa sedari kecil, ia memang akrab dengan sepak bola.

Selepas sekolah, pantai yang ada di Tulehu kerap ia jadikan sebagai tempat bermain bola bersama teman-temannya menjelang petang. Ia akhirnya memutuskan masuk sekolah sepak bola (SBB) untuk mengasah kemampuannya.

"Karena sudah banyak teman saya yang ikut SSB, akhirnya saya masuk SSB Tulehu," ucap Alfin, dikutip dari laman resmi Madura United (23/10/2020).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X