Presiden Jokowi: Yakinkan Indonesia Aman Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2021

Kompas.com - 20/10/2020, 11:51 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato untuk ditayangkan dalam Sidang Majelis Umum ke-75 PBB secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/9/2020). Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo mengajak pemimpin dunia untuk bersatu dan bekerja sama dalam menghadapi pandemi Covid-19. ANTARA FOTO/HO/KEMENLUPresiden Joko Widodo menyampaikan pidato untuk ditayangkan dalam Sidang Majelis Umum ke-75 PBB secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/9/2020). Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo mengajak pemimpin dunia untuk bersatu dan bekerja sama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) hari ini, Selasa (20/10/2020), memimpin rapat terbatas untuk membahas dan melihat persiapan penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U20 2021 di Indonesia.

Dalam rapat yang dilakukan melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Presiden meminta laporan perkembangan kesiapan penyelenggaraan Piala Dunia U20 2021.

"Saya minta laporan update terkait dengan kesiapan, terutama terkait dengan kesiapan stadion utama dan stadion pendukung di enam kota yang telah ditunjuk," kata Presiden Jokowi dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Update Persiapan Piala Dunia U20 2021: Presiden Bentuk Panitia Nasional

Sebanyak enam provinsi telah dipilih oleh Pemerintah untuk menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U20 2021 yaitu di DKI Jakarta, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Bali.

Adapun venue yang akan digunakan untuk menggelar Piala Dunia U20 2021 yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Pada kesempatan ini, Presiden juga meminta laporan kesiapan tim nasional (timnas) yang akan berlaga pada Piala Dunia U20 tahun depan.

Diketahui, timnas U19 Indonesia yang saat ini sedang menjalani training center (TC) di Kroasia diproyeksikan untuk tampil pada Piala Dunia U20 2021.

Baca juga: Ketum PSSI Ungkap Progres Persiapan Indonesia Sambut Piala Dunia U20 2021

Timnas U19 yang dilatih oleh Shin Tae-yong telah menjalani pemusatan latihan di Kroasia sejak akhir Agustus lalu.

Tak hanya berlatih, Garuda Muda yang dipersiapkan untuk berlaga pada Piala Dunia U20 2021 juga melakoni sejumlah pertandingan uji coba.

Sejauh ini, timnas U19 Indonesia telah beruji coba 10 kali menghadapi negara-negara Eropa, Asia, dan juga klub-klub Liga Kroasia.

Baca juga: Piala Dunia U20, Gerbang Pemain Indonesia untuk Go International

Hal penting lainnya yang disampaikan Presiden Joko Widodo adalah, Indonesia patut meyakinkan dunia bahwa Tanah Air aman dan siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2021.

"Yang terakhir, ini yang paling penting, kita harus meyakinkan bahwa Indonesia telah mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga sangat aman untuk dikunjungi dan dijadikan tempat untuk penyelenggaraan (Piala Dunia) U20 2021," kata Presiden.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X