Berlatih Tinju saat Pandemi, Ini Tipsnya

Kompas.com - 05/10/2020, 22:03 WIB
Mural bertema Asian Games 2018 terlukis di dinding bangunan rumah dan gudang di Kampung Pucangsawit, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/6/2018). KOMPAS.com/Labib ZamaniMural bertema Asian Games 2018 terlukis di dinding bangunan rumah dan gudang di Kampung Pucangsawit, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/6/2018).

DENPASAR, KOMPAS.com - Mantan petinju Indonesia Pino Bahari memberikan tips bagi masyarakat yang ingin berlatih tinju saat pandemi.

"Berlatih tinju tetap aman dilakukan pandemi," tutur Pino yang menjadi pemilik dan pelatih di Sasana Cakti Gibbor, Denpasar, Bali.

Menurutnya, orang yang baru pertama kali berolahraga tinju harus melalui program latihan awal.

Juara tinju kelas berat WBC, Tyson Fury, bersama pelatih dan juga pamannya Peter Fury (tengah) serta sang ayah John Fury (paling kanan) dalam sebuah acara jumpa pers di Bolton, Inggris, pada 30 November 2015.AFP/PAUL ELLIS Juara tinju kelas berat WBC, Tyson Fury, bersama pelatih dan juga pamannya Peter Fury (tengah) serta sang ayah John Fury (paling kanan) dalam sebuah acara jumpa pers di Bolton, Inggris, pada 30 November 2015.

Baca juga: Kata Mantan Petinju Indonesia tentang Manfaat Olahraga Tinju

"Program ini berbeda antara atlet dan masyarakat umum meski tekniknya sama," tutur Pino.

Pemula, kata Pino mesti berlatih teknik dasar tinju mulai dari cara melangkah dan cara memuku yang benar.

"Program dimulai dari memukul alat," katanya.

Petinju asal Inggris, Dillian Whyte (kiri). AFP/ADRIAN DENNIS Petinju asal Inggris, Dillian Whyte (kiri).

Pada program ini peserta meningkatkan latihan fisik.

"Kalau sudah kuat barulah berlatih dengan partener," kata Pino Bahari.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X