Kompas.com - 02/10/2020, 12:30 WIB
Para pemain AC Milan merayakan kemenangan atas Rio Ave di ajang playoff Liga Champions di Estadio dos Arcos, Jumat (2/10/2020) dini hari WIB. TWITTER.com/acmilanPara pemain AC Milan merayakan kemenangan atas Rio Ave di ajang playoff Liga Champions di Estadio dos Arcos, Jumat (2/10/2020) dini hari WIB.

KOMPAS.com - AC Milan dan Rio Ave terlibat dalam drama adu penalti dramatis untuk menentukan siapa yang berhak melaju ke fase grup Liga Europa pada Jumat (2/10/2020) dini hari WIB.

Setelah perjuangan keras, AC Milan akhirnya keluar 9-8 sebagai pemenang pada drama adu penalti di Estadio dos Arcos tersebut.

Sebanyak 24 penalti dilakukan termasuk oleh kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma dan kiper Rio Ave, Pawel Kieszek.

Beberapa pemain seperti Ismael Bennacer (AC Milan), dan Francisco Geraldes serta Aderllan Santos (Rio Ave) bahkan menendang dua kali.

Kendati jumlah penendang penalti pada laga tersebut mengesankan, angka 24 penendang masih terpaut jauh dari rekor dunia.

Rekor dunia untuk adu penalti terlama datang pada laga Piala Namibia 2005 ketika 48 penalti diperlukan untuk memisahkan KK Palace dan Civics.

KK Palace akhirnya menang 17-16.

"Kami tak pernah berpikir ini adalah rekor, tetapi saya sangat bangga," tutur Titus Kunamuene, kepala kompetisi di Federasi Sepak Bola Namibia, kepada CNN pada 2010.

Baca juga: Catatan Bersejarah AC Milan Saat Menang Adu Penalti Kontra Rio Ave

Di Inggris, rekor nasional adu penalti baru saja disamakan pada November 2019 ketika laga kompetisi amatir antara Taunton Town dan Truro City memerlukan 34 tendangan penalti untuk menentukan sang pemenang.

Adu penalti ini menyamai torehan Oxford United kontra Chelsea U23 pada laga Piala EFL pada 2016.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X