Gol Salto Widodo C Putro Menang Telak pada AFC Bracket Challenge

Kompas.com - 23/09/2020, 16:14 WIB
Pelatih Persita Tangerang Widodo C Putro saat konferensi pers usai dikalahkan Persela Lamongan 0-2 di Grup E Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (4/3/2019) KOMPAS.com/ANDI HARTIKPelatih Persita Tangerang Widodo C Putro saat konferensi pers usai dikalahkan Persela Lamongan 0-2 di Grup E Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (4/3/2019)

KOMPAS.com - Gol salto milik Widodo Cahyono Putro yang melesat ke gawang timnas Kuwait dalam ajang Piala Asia 1996 menjadi yang terbaik pada AFC Bracket Challenge.

AFC Bracket Challenge merupakan voting yang diadakan federasi sepak bola Asia (AFC) untuk menunjuk gol paling hebat di sejarah gelaran Piala Asia.

Gol Salto Widodo Cahyono Putro keluar sebagai juara setelah mengalahkan gol dari pemain Lebanon, Abbas Chahrour, dengan angka yang sangat jauh.

Pelatih Persita Tangerang itu sukses mengumpulkan suara sebanyak 72 persen, sementara sang lawannya hanya mendapatkan 28 persen.

Baca juga: Daftar Pemain Bosnia untuk Laga Kontra Timnas U19 Indonesia, Tanpa Bek Muda RB Salzburg

Berkat dukungan yang diberikan oleh netizen Indonesia, Widodo C Putro secara resmi dinobatkan sebagai pencetak gol terindah se Asia.

Sebelumnya, gol salto tersebut mengalahkan gol dari pemain Vietnam, Le Chong Vinh ke gawang Uni Emirat Arab pada Piala Asia 2007, pada semifinal AFC Bracket Challenge.

Sementara pada perempat final AFC Bracket Challenge, gol akrobatik Widodo menumbangkan sepakan akurat pemain Jordania Yousef Al Rawashdeh ke gawang Palestina di Piala Asia 2015.

Adapun gol fenomenal Pelatih Persita Tangerang tersebut berawal dari umpan lambung Yeyen Tumena.

Baca juga: Kalimat Sakti Shin Tae-yong yang Bangkitkan Timnas U19 Indonesia di Kroasia

Kala itu umpan yang cukup tinggi dilayangkan oleh Yeyen Tumena yang langsung disambar oleh tendangan salto dari Widodo C Putro.

Bola yang melambung tinggi mengarah ke gawang Kuwait yang gagal ditepis oleh sang penjaga gawang.

Sontak para pemain Kuwait lainnya hanya bisa terdiam melihat gol indah yang dilesatkan oleh Widodo C Putro.

Namun sayang, gol yang dicetak oleh Widodo C Putro masih gagal membawa kemenangan untuk Indonesia karena kedudukan berakhir dengan skor 2-2.

Baca juga: Satu Pesan Fakhri Husaini kepada Timnas U19 Indonesia Asuhan Shin Tae-yong

Dalam ajang itu, Indonesia gagal lolos ke babak selanjutnya usai hanya menempati peringkat terakhir grup A.

Saat itu Indonesia mengumpulkan satu poin hasil dari imbang melawan Kuwait dan kalah melawan Uni Emirates Arab serta Korea Selatan. (Rinaldy Azka Abdillah)



Sumber AFC,BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X