Kompas.com - 13/09/2020, 14:15 WIB
Navid Afkari (27) pegulat muda Iran yang dihukum mati karena membunuh PNS departemen pengairan saat demo anti-pemerintah pada 2018. Ia dieksekusi pada Sabtu (12/9/2020) waktu setempat. TWITTER @Ostrov_ANavid Afkari (27) pegulat muda Iran yang dihukum mati karena membunuh PNS departemen pengairan saat demo anti-pemerintah pada 2018. Ia dieksekusi pada Sabtu (12/9/2020) waktu setempat.

KOMPAS.com - Pegulat Iran, Navid Afkari, meninggal dunia setelah menjalani eksekusi mati di negara asalnya, Sabtu (12/9/2020) waktu setempat.

Navid Afkari harus menerima hukuman tersebut karena dinyatakan bersalah atas tuduhan pembunuhan aparat negara yang digambarkan sebagai perwira intelijen Iran.

Navid Afkari diduga melakukan pembunuhan itu ketika mengikuti demonstrasi anti-pemerintah di Kota Shiraz pada Agustus 2018.

Pegulat yang pernah menjadi juara nasional Iran itu kemudian diadili oleh dua pengadilan sekaligus hingga dijatuhi hukuman mati yang dikuatkan keputusan Mahkamah Agung setempat.

Dua saudara kandung Afkari, yakni Vahid dan Habib, juga dihukum penjara hingga cambuk atas kasus yang sama.

Baca juga: Hukum Mati Pegulat Muda Navid Afkari, Iran Dikecam Dunia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses peradilan Navid Afkari sebelumnya sampai saat ini masih menjadi kontroversi dan sudah terdengar oleh Amnesti Internasional dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Proses peradilan Navid Afkari dianggap bermasalah karena tidak ada transparansi dan terdakwa tidak diberikan akses luas ke pengacaranya.

Donald Trump pada 3 September 2020 secara terbuka sudah meminta Pemerintah Iran untuk membatalkan hukuman mati Navid Afkari.

Dikutip dari situs Yahoo Sports, Donald Trump pertama kali mendengar kasus Navid Afkari dari Presiden UFC, Dana White.

"Saya mendengar Iran ingin mengeksekusi mati bintang gulat mereka, Navid Afkari," kata Donald Trump dikutip dari situs Yahoo Sports.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.