Sport Science, Kebiasaan Baru untuk Masa Depan Olahraga Indoesia

Kompas.com - 09/09/2020, 18:55 WIB
Ilustrasi berenang gaya punggung Believe_In_MeIlustrasi berenang gaya punggung

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan sport science menjadi kebiasaan baru untuk masa depan olahraga Indonesia.

"Alasan ini yang menjadikan sport science sebagai salah satu tema besar Hari Olahraga Nasional 2020," kata Raden Isnanta dalam sebuah webinar mengenai lari virtual atau virtual run pada Rabu (9/9/2020).

Isnanta mengatakan Hari Olahraga Nasional diperingati setiap 9 September.

Raden Isnanta menuturkan jika digelarnya kompetisi berjenjang seperti Liga Sepakbola Pelajar U14 atau pun 16 Piala Menpora 2018, menjadi wahana-wahana untuk menjaring bibit potensial, karena menurutnya tak sedikit terjaring bibit-bibit muda olahraga Indonesia melalui kompetisi seperti ini.
Raden Isnanta menuturkan jika digelarnya kompetisi berjenjang seperti Liga Sepakbola Pelajar U14 atau pun 16 Piala Menpora 2018, menjadi wahana-wahana untuk menjaring bibit potensial, karena menurutnya tak sedikit terjaring bibit-bibit muda olahraga Indonesia melalui kompetisi seperti ini.

Tahun ini, sport science atau pendekatan pencapaian prestasi olahraga melalui bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi penting lantaran keterbatasan yang disebabkan oleh pandemi corona.

Dalam pandangan Raden Isnanta, sejatinya, masa pandemi tidak menyurutkan langkah orang Indonesia tetap berolahraga.

Baca juga: Lari Virtual, Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi

"Olahraga itu kan meningkatkan kekebalan tubuh dari virus corona," tuturnya lagi.

Ilustrasi virus coronaShutterstock Ilustrasi virus corona

Maka dari itulah, sport science menjadi bagian penting karena kebiasaan baru ini bisa dilakukan sembari mengindahkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, serta penggunaan masker.

Ilustrasi masker anakshutterstock Ilustrasi masker anak

Gizi

Sejak 2017, pencapaian prestasi atlet renang Indonesia Gede Siman Sudartawa didukung Ajinomoto Indonesia melalui program Winning Meals Kachimeshi.
Ajinomoto Indonesia Sejak 2017, pencapaian prestasi atlet renang Indonesia Gede Siman Sudartawa didukung Ajinomoto Indonesia melalui program Winning Meals Kachimeshi.

Sport science juga berkaitan dengan pentingnya asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan atlet mencapai prestasi.

Berdasarkan pertimbangan itulah, dalam siaran persnya hari ini, Ajinomoto Indonesia merilis program unggulannya Winning Meals Kachimeshi.

Halaman:


Sumber kompas.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X