Menpora Era Orde Baru Abdul Gafur Meninggal Dunia karena Covid-19

Kompas.com - 04/09/2020, 12:33 WIB
Pimpinan DPR yang terdiri dari Ketua Harmoko, Wakil Ketua Ismail Hasan Metareum, Syarwan Hamid, Abdul Gafur dan  Fatimah Achmad (tidak nampak) di Gedung DPR, Senin (18/5/1998), membuat pernyataan  mengimbau Presiden Soeharto mengundurkan diri. KOMPAS/Johnny TGPimpinan DPR yang terdiri dari Ketua Harmoko, Wakil Ketua Ismail Hasan Metareum, Syarwan Hamid, Abdul Gafur dan Fatimah Achmad (tidak nampak) di Gedung DPR, Senin (18/5/1998), membuat pernyataan mengimbau Presiden Soeharto mengundurkan diri.

KOMPAS.com - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Abdul Gafur meninggal dunia pada Jumat (4/9/2020).

Abdul Gafur meninggal dunia dalam usia 81 tahun di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada pagi ini pukul 06.30 WIB.

Kabar yang diterima Kompas.com menyebutkan, Abdul Gafur meninggal dunia karena positif Covid-19 dengan penyakit bawaan lainnya, yakni Diabetes Tipe 2.

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto turut menyampaikan dukacita mendalam.

Baca juga: Menpora Pantau Persiapan Hari Olahraga Nasional 2020

"Kami tentu saja menyampaikan dukacita yang sangat mendalam," kata Gatot S Dewa Broto saat dihubungi Kompas.com.

Diungkapkan Gatot, Abdul Gafur sangat berperan dalam kegiatan olahraga di Indonesia.

"Beliau sangat energik, mobile, dan dinamis pemikirannya meski sudah di usia lanjut," tutur Gatot.

"Pada usia 80 tahun, beliau launching buku di Balai Kartini. Saat pergantian Menpora dari Bapak Hanif Dhakiri ke Bapak Zainudin Amali, beliau juga hadir. Begitu juga saat HSP (Hari Sumpah Pemuda)," imbuh Gatot.

Baca juga: Menpora Gandeng PSSI untuk Pengembangan Sepak Bola Usia Dini Menuju Olimpiade 2032

"Beliau pencetus Haornas (Hari Olahraga Nasional) yang berujung adanya Keppres Nomor 67 Tahun 1985 tentang Haornas," pungkas Gatot S Dewa Broto.

Abdul Gafur lahir di Halmahera, Maluku Utara, pada 20 Juni 1939. Dia merupakan Menpora periode 1983-1988 pada era kepemimpinan Presiden Soeharto.

Sebelum diangkat sebagai Menpora, Abdul Gafur menjabat sebagai Menteri Muda Urusan Pemuda pada 1978-1983.

Abdul Gafur juga menjabat posisi Wakil Ketua MPR RI pada 1997-1999.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X