Dulu Ditinggal Ronaldo Kini Messi, Bagaimana Nasib Liga Spanyol?

Kompas.com - 28/08/2020, 10:00 WIB
Dua orang yang memakai topeng serta kostum Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memeriahkan karnaval All Saints Day di Guatemala pada awal November 2016. JOHAN ORDONEZ/AFPDua orang yang memakai topeng serta kostum Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memeriahkan karnaval All Saints Day di Guatemala pada awal November 2016.

KOMPAS.com - Pertemuan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam satu lapangan selalu menjadi topik utama dalam El Clasico di Liga Spanyol, tepatnya pada tahun 2009-2018.

Ronaldo dan Messi merupakan aktor penting setiap pertemuan dua rival abadi antara Real Madrid dan Barcelona.

Dua pemain hebat saling bertemu, segala aspek dari sisi kedua megabintang tak secuil pun tertinggal jadi bahasan.

Hasil dan aksi hebat dengan gol-gol menawan dari keduanya juga membayar tuntas perdebatan yang terjadi di kalangan pencinta sepak bola.

Baca juga: Misi Boyong Messi, Man City Siapkan 3 Pemain dan Uang Seharga Ronaldo

Akan tetapi, perlahan hiasan menawan dalam El Clasico terasa janggal. Tepatnya, ketika Cristiano Ronaldo memilih pergi dari Real Madrid ke Juventus pada 2018.

Sekarang, Lionel Messi dilaporkan mengikuti jejak Ronaldo yang "lenyap" dari El Clasico.

La Pulga, julukan Messi, meminta Barcelona agar rela melepasnya dan mencari klub baru.

Isu semakin menguat ketika Manchester City menawarkan tiga pemainnya ditambah dengan uang sebesar 100 juta euro atau 1,7 triliun.

Kepergian kedua megabintang itu diyakini eks Presiden Real Madrid, Ramon Calderon, bakal mempengaruhi citra, kualitas, dan daya tarik Liga Spanyol.

Baca juga: Muncul Isu Lionel Messi Bakal Ajak Neymar Gabung ke Man City

"Akan sangat menyakitkan untuk citra, kualitas, pertunjukan (di Liga Spanyol jika Messi pergi)," tutur Calderon dikutip Goal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X