Eks Presiden Barcelona: Kepergian Messi Akan Lebih Memalukan dari Kekalahan 2-8

Kompas.com - 26/08/2020, 20:15 WIB
Megabintang Barcelona, Lionel Messi. AFP/STRMegabintang Barcelona, Lionel Messi.

KOMPAS.com - Mantan Presiden Barcelona, Joan Gaspart, ikut angkat bicara soal kabar panas yang menyebutkan bahwa Lionel Messi ingin meninggalkan klub raksasa Liga Spanyol tersebut.

Media lokal Argentina, Tyc Sports, pada Selasa (25/8/2020) melaporkan bahwa Lionel Messi sudah mengirim surat permintaan kepada Barcelona untuk mengaktifkan klausul kontrak agar ia bisa pergi dari Camp Nou.

Kontrak Messi di Barcelona sejatinya baru akan berakhir pada 30 Juni 2021. Namun, pemilik enam gelar Ballon d'Or itu memiliki klausul khusus dalam kontraknya dengan Barcelona.

Dalam kontrak terakhir yang ia tandatangani pada 2017, Messi punya klausul bisa meninggalkan Barcelona setiap akhir musim, tepatnya pada tanggal 30 Juni setiap tahun.

Klausul tersebut memungkinkan Messi pergi dengan status bebas transfer selama ia mengabarkannya kepada klub.

Baca juga: Awal Musim Ini, Messi Pernah Ungkap Klausul Misterius di Barcelona

Namun, klausul tersebut menimbulkan polemik karena Barcelona menganggapnya sudah kedaluwarsa.

Jika Messi tetap memilih pergi, klub yang menginginkannya pada bursa transfer musim panas tahun ini wajib membayar klausul pelepasan yang mencapai 700 juta euro atau setara Rp 12 triliun.

Di lain sisi, pihak Messi menganggap bahwa klausul "bebas transfer" tersebut masih valid lantaran kompetisi musim 2019-2020 molor hingga 31 Agustus akibat pandemi Covid-19.

Terkait polemik tersebut, Joan Gaspart yang memimpin Barcelona pada periode 2000-2003 mengatakan bahwa Lionel Messi tidak bisa meninggalkan klub seenaknya sendiri.

Menurut Gaspart, jika Messi memang ingin menggunakan klausul khusus itu untuk meninggalkan Barcelona, ia harus pergi pada 2021 atau ketika kontraknya habis.

Baca juga: Reaksi Puyol dan Suarez Saat Tahu Messi Memilih Pergi dari Barcelona

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.