Pengkhianatan PSSI Jika Isu Naturalisasi Pemain Muda Benar Adanya

Kompas.com - 20/08/2020, 21:00 WIB
Menpora Zainudin Amali (kiri) dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berpose seusai menandatangani MoU kesepakatan anggaran untuk timnas U19 Indonesia, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (27/7/2020). Dok. PSSIMenpora Zainudin Amali (kiri) dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berpose seusai menandatangani MoU kesepakatan anggaran untuk timnas U19 Indonesia, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (27/7/2020).

KOMPAS.com - Sebanyak lima pemain muda asal Brasil tiba di Indonesia dan bergabung dengan klub-klub Shopee Liga 1 2020.

Arema FC, Persija Jakarta, dan Madura United, menjadi penampung lima pemain muda tersebut.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menegaskan pihaknya tidak ada kaitannya dengan PSSI, termasuk isu naturalisasi yang berhembus.

"Kedatangan para pemain muda dari Brasil tidak ada kaitannya dengan PSSI," kata Indra Sjafri dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca juga: Pemain Muda Brasil di Klub Liga 1, Indra Sjafri: Tak Ada Kaitan dengan PSSI

"Itu urusan klub Liga 1. Pemain yang dipanggil timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia," jelasnya.

Namun sebelumnya, pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, dan Presiden Madura United, Achsanul Qosasih, mengungkapkan bahwa langkah tersebut seirama dengan program PSSI.

Melihat rumor naturalisasi tersebut, pengamat sepak bola Tanah Air, Tommy Welly, gusar mendengarnya. Apalagi jika hal tersebut benar-benar terjadi.

"Jika ini benar, ini ngawur," tegas Tommy Welly saat dihubungi oleh Kompas.com.

Baca juga: Ramai Isu Naturalisasi Pemain Brasil untuk Timnas U19, Sesmenpora: Itu Ranah PSSI

"Jika itu benar untuk timnas, memang sebuah indikasi yang aneh atau tidak biasa."

"Ini sangat mengkhianati pelaku sepak bola, berapa anak muda sejak kecil ingin masuk timnas? Ini merampas," ungkapnya kesal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X