Imbas Penundaan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Malaysia Punya Masalah Besar

Kompas.com - 17/08/2020, 19:40 WIB
Pesepak bola timnas Malaysia melakukan selebrasi kemenangan saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPesepak bola timnas Malaysia melakukan selebrasi kemenangan saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3.

KOMPAS.com - Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) akan bergerak cepat untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi akibat penundaan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kontrak pelatih timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, akan segera selesai dan hingga kini belum ada kejelasan kelanjutan.

Tan Cheng Hoe direkrut untuk membesut Mohamadou Sumareh cs sejak Desember 2007 dan akan expired pada akhir tahun ini.

Melansir BolaSport dari Bernama, Sekretaris Jenderal FAM, Stuart Ramalingam mengatakan bahwa badan induk masih membutuhkan jasa Tan Cheng Hoe yang telah membantu tim meraih hasil positif.

Baca juga: Makna Hari Kemerdekaan di Mata Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Akan tetapi, belum ada hitam di atas putih hingga saat berita ini ditayangkan.

"Kami akan menyelesaikan masalah ini (kontrak Cheng Hoe) dalam waktu dekat dan diskusi masih berlangsung," ujar Stuart Ramalingam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stuart pun mengatakan bahwa FAM diharapkan segera mengambil keputusan mengenai rencana skuat nasional setelah penundaan pertandingan kualifikasi putaran kedua Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023 yang dijadwalkan pada Oktober dan November, namun kembali ditunda tahun depan karena pandemi Covid-19.

Baca juga: TC Timnas Senior Indonesia Resmi Berakhir

"Kami membutuhkan waktu untuk memberikan penjelasan kepada media dan suporter skuat Harimau Malaya yang menunggu rencana masa depan kami untuk timnas," ujar Stuart.

"Kami juga sedang berdiskusi dengan MFL (Malaysian Football League) tentang kalender (sepak bola) domestik untuk Oktober dan November yang kosong setelah penundaan, selain partisipasi skuat Johor Darul Takzim di Liga Champions Asia yang berlanjut di bulan Oktober," katanya.

Sementara itu, Tan Cheng Hoe juga akan berdiskusi lebih lanjut dengan FAM.

Kendati tidak membahas kontrak Tan Cheng Hoe di tubuh timnas Malaysia, dia mengisyaratkan ingin bertahan lebih lama.

Baca juga: Tatap Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Malaysia Kena Pingit

Apalagi timnas Malaysia juga akan melakoi laga persahabatan melawan Bahrain dan Kuwait yang niatnya sebagai pemanasan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Untuk tahun depan, kami harus mempersiapkan tim nasional kami dengan sangat baik untuk tantangan yang akan datang,” kata Cheng Hoe," ujar Tan Cheng Hoe. (Metta Rahma Melati)



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X