Willian Resmi ke Arsenal, Berakhirnya Eksperimen Brasil di Chelsea

Kompas.com - 14/08/2020, 18:12 WIB
Ramires, Willian, Oscar, Filipe Luis, dan Diego Costa kala masih membela Chelsea. AFP/GLYN KIRKRamires, Willian, Oscar, Filipe Luis, dan Diego Costa kala masih membela Chelsea.

KOMPAS.com - Peresmian Willian Borges da Silva ke Arsenal menandai berakhirnya figur pemain Brasil di tubuh Chelsea.

Padahal, Chelsea sempat kental dengan aroma Samba pada awal 2010-an.

Melansir dari The Athletic, Alex mengawali kiprah pemain Brasil di Chelsea saat bek bernama lengkap Domingos Alexandre Rodrigo Dias da Costa itu mencatatkan debut pada 2007.

Setelah itu, para pemain dari Negeri Samba mulai berdatangan ke skuad The Blues.

Baca juga: Kai Havertz Sebaiknya Cepat Pindah ke Chelsea

Mulai dari Ramires, David Luiz, Willian, Oscar dos Santos hingga Filipe Luis.

Tercatat, dalam persiapan laga persahabatan timnas Brasil melawan Afrika Selatan pada 5 Maret 2014, pemain Chelsea paling mendominasi skuad tim Samba dengan menyumbang empat pemain (terbanyak di antara klub-klub lain). Keempatnya adalah Ramires, David Luiz, Willian, dan Oscar.

Kemudian, saat Chelsea menang 5-0 atas tuan rumah Swansea pada 17 Januari 2015 dalam lanjutan Premier League, hampir separuhnya pemain berdarah atau berkebangsaan Brasil berada di lapangan.

Mereka adalah Filipe Luis, Willian, Ramires, Oscar, dan Diego Costa.

Untuk nama terakhir, Diego Costa merupakan pemain berdarah Brasil, tetapi kemudian memutuskan memilih kewarganegaraan Spanyol.

Pada laga yang dihelat di Stadion Liberty itu, Costa dan Oscar masing-masing mencetak dua gol. Sementara satu gol lainnya dicetak Andre Schuerrle. Namun, itu masa lalu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X