Usai Lima Bulan Jadi Tahanan, Ronaldinho Akhirnya Dibebaskan

Kompas.com - 09/08/2020, 23:25 WIB
Ronaldinho saat tiba di Kejaksaan Asuncion untuk memberikan keterangan terkait penggunaan paspor palsu pada Jumat (6/3/2020). AFP/NORBERTO DUARTERonaldinho saat tiba di Kejaksaan Asuncion untuk memberikan keterangan terkait penggunaan paspor palsu pada Jumat (6/3/2020).

KOMPAS.com - Legenda sepak bola Brasil, Ronaldinho, akhirnya bisa menghirup udara segar setelah menghabiskan waktu selama lima bulan dengan status sebagai tahanan di Paraguay.

Melansir dari lama Daily Star, Minggu (9/8/2020), Ronaldinho dibebaskan dari status tahanan rumah. Pria yang kini berusia 40 tahun itu juga diizinkan pulang ke negaranya, Brasil.

Daily Star menyebutkan, Ronaldinho dan kakaknya, Roberto de Assis, dibebaskan dari tahanan rumah di Paraguay setelah menyetujui kesepakatan pembelaan pada Jumat (7/8/2020) waktu setempat.

Namun, Ronaldinho wajib membayar denda sebesar 69.000 poundsterling atau setara dengan Rp 1,3 miliar.

Sementara sang kakak, Roberto, dijatuhi denda sebesar 84.333 poundsterling (Rp 1,6 miliar).

Baca juga: Ronaldinho Segera Bebas dan Siap Bangun Kediaman Baru Dekat Rumah Lionel Messi

Adapun Roberto akan mendapatkan catatan kriminal di Paraguay, sedangkan Ronaldinho statusnya dibersihkan.

Keduanya diizinkan pulang ke Brasil dengan catatan wajib melapor kepada hakim negara setempat setiap dua bulan selama dua tahun ke depan.

"Kantor kejaksaan umum mengakui bahwa tidak ada kejahatan finansial atau apa pun yang terkait dengan Ronaldinho dan Roberto," kata pengacara Sergio Queroz.

"Setelah lima bulan yang panjang, mereka telah menunjukkan apa yang kami bela sejak awal, yaitu dokumen publik yang diubah tanpa sepengetahuan terdakwa," ucapnya menegaskan.

Diketahui, Ronaldinho dan sang kakak ditangkap pihak kepolisian Paraguay setelah kedapatan masuk ke negara tersebut dengan menggunakan paspor palsu pada akhir Maret 2020.

Halaman:

Sumber Daily Star
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X